in ,

Ini Dia Pengaruh Lampu saat Tidur Terhadap Kesehatan, Kamu Harus Tahu!

Pengaruh Penggunaan Lampu saat Tidur

CakapCakapCakap people, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam per harinya. Waktu tersebut merupakan porsi yang pas agar badan kembali segar setelah seharian beraktivitas. Apabila kamu memiliki waktu tidur yang kurang, badan akan terasa berat sehingga menghambat aktivitas yang kamu lakukan.

Manusia memiliki kebiasaan tidur yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang suka jika tidur dengan lampu menyala terang, namun ada juga yang lebih suka jika tidur dengan lampu remang atau malah tanpa cahaya lampu sama sekali.

Pada kenyataannya penggunaan lampu saat tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuhmu. Berikut adalah beberapa pengaruh penggunaan lampu saat tidur terhadap kesehatan.

Kesehatan mata

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Sudah banyak penelitian yang meneliti pengaruh lampu terhadap kesehatan mata. Hasilnya menunjukkan jika cahaya lampu yang terang mampu membuat durasi melatonin bekerja menjadi lebih singkat sekitar 90 menit. Apalagi jika kamu tidur dengan lampu menyala dalam waktu yang lama, hal ini akan menekan kadar melatonin hingga 50%.

Mata sendiri merupakan salah satu organ penting untuk tubuh karena perannya sebagai indera visual atau untuk melihat.

Kesehatan Hormon

Gambar oleh Jess Foami dari Pixabay

Ada beberapa hormon penting akan dikeluarkan oleh tubuh pada saat kita tidur. Hormon yang paling banyak keluar adalah hormon melatonin.

Hormon melatonin ini memiliki fungsi untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan mencegah insomnia. Hormon ini juga berfungsi sebagai antiperadangan dan antioksidan tubuh.

Jadi apabila kamu tidur dengan lampu yang menyala terang maka akan menghambat keluarnya hormone melatonin ini.

Pencegah kegemukan

Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Tidur dengan lampu dimatikan dapat mencegah kegemukan, loh! Cahaya lampu berperan dalam kenaikan berat badan karena mengubah waktu asupan makanan.

Pada penelitian yang dilakukan terhadap tikus menunjukkan jika tikus yang terkena cahaya lampu pada malam hari akan bertambah berat badannya dibandingkan dengan tikus yang tidak terkena cahaya lampu saat malam hari.

Itulah beberapa pengaruh penggunaan lampu saat tidur. Bagi Cakap People, yang masih menggunakan lampu saat tidur lebih baik untuk mengubah kebiasaan yang satu ini.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kini, Bayar SPP Sekolah Bisa Pakai GoPay! Begini Caranya

Wow, Billie Eilish Puncaki Chart Inggris dengan Lagu Tema James Bond: No Time To Die