in ,

Ibukota Negara Bakal Pindah ke Kalimantan, Inilah 5 Tempat Wisata Menarik yang Bisa Dikunjungi di Sana

Destinasi wisata Kalimantan ini bisa masuk dalam itinerary kamu loh.

CakapCakapCakap People! Saat menyampaikan pidato kenegaraan pada sidang tahunan MPR, Jum’at, 16 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo meminta dukungan dan izin semua pihak untuk memindahkan Ibukota Negara ke Kalimantan. Meski begitu, Presiden Jokowi belum menyebutkan secara spesifik di mana lokasinya. 

Nah, melihat Kalimantan, ada banyak tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi loh kalau jalan-jalan ke sana. Lokasi-lokasi di bawah ini sangat direkomendasikan untuk masuk dalam itinerary kamu, seperi dilansir dari Woman Talk:

1. Pasar Terapung Lok Baintan, Kalimantwn Selatan

Suasana pagi di Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin (Foto: Instagram/ssc.banjarmasin)

Kamu akan menemukan Pasar Terapung Lok Bintan yang terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar yang unik ini melakukan aktivitas jual belinya yang berlangsung di atas perahu masing-masing, yang terapung di atas sungai Kuin. 

Jangan sampai telat ya kalau mau ke sini. Karena Pasar Terapung Lok Baintan ini hanya buka dari jam 4-9 pagi saja, dan kamu bisa mencapai tempat ini menggunakan perahu klotok dari pusat Kota Banjarmasin selepas waktu sholat Subuh. Ingat, jangan buang sampah sembarangan ke sungai selama kamu berada di sini!

2. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

Berenang bersama ubur-ubur di Pulau Kakaban (Foto: Instagram/brinkleydavies)

Siapa yang belum mendengar tentang keelokan tempat yang dikenal dengan danau ubur-ubur di Kalimantan Timur ini? Ya, Kakaban merupakan salah satu dari dua lokasi di dunia yang memiliki keunikan berupa danau dengan ubur-ubur yang tidak menyengat. Untuk menjaga kelestariannya, pengunjung dilarang melompat secara langsung ke danau, dan tidak diperbolehkan menggunakan kaki katak karena bisa membunuh ubur-ubur. Wajib dipatuhi, ya!

3. Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Panorama bawah air di Labuan Cermin, Kalimantan Timur (Foto: Instagram/brinkleydavies)

Danau Dua Rasa yang juga dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagai Mirror Lake ini berada di Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kamu membutuhkan waktu 6 jam perjalanan darat dari Bandara Kaimarau (Berau) menuju Biduk-biduk yang begitu asri dan indah ini, dan sinyal terbatas di sana hanya bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan singkat dan telepon, tanpa internet. Namun semua itu akan segera terbayar oleh pemandangan bawah air yang menakjubkan.

4. Danau Biru Pengaron, Kalimantan Selatan

Panorama Danau Biru Pengaron di Kalimantan Selatan (Foto: Instagram/rizqannnn)

Untuk masuk tempat wisata yang lokasinya merupakan bekas penggalian batu bara ini pengunjung tidak dipungut biaya, tetapi harus membayar retribusi parkir untuk kendaraan. Airnya berwarna biru, dengan tebing-tebing hasil kerukan alat berat mengelilingi danau tempat ini punya beberapa spot menarik untuk dijadikan background berfoto. Tapi, kamu dilarang berenang di tempat ini, karena struktur tanah yang labil dan berbahaya. 

5. Bukit Rimpi, Kalimantan Selatan

Hijaunya panorama sabana di Bukit Rimpi, Pelaihari, Kalimantan Selatan (Foto: Instagram/sijulak_ )

Terletak di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, akses menuju lokasi Bukit Rimpi ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Pelaihari, atau sekitar 2 jam jika ditempuh dari Kota Banjarmasin. Pemandangannya asri dengan panorama perbukitan yang ditumbuhi oleh padang savana hijau dengan hamparan rumput yang membentang sejauh mata memandang. Menenangkan banget!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ini Dia Aneka Destinasi Wisata Tersembunyi di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi!

Kerusuhan Pecah di Manokwari Setelah Serangan ‘Rasis’ Terhadap Mahasiswa Papua di Surabaya