in ,

Hati-Hati! Wanita Kebanyakan Olahraga Bisa Sulit Hamil Lho

CakapCakap – Olahraga jelas akan memberikan manfaat luar biasa bagi siapa saja yang melakukan dengan teratur dan secara rutin. Cakap People yang rajin berolahraga tentu sudah merasakan sendiri manfaatnya, terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, ternyata perlu juga untuk berhati-hati jika sampai berolahraga terlalu berat. Pasalnya, terutama bagi kaum wanita yang sudah atau baru saja menikah, kebanyakan berolahraga ternyata bisa membuat jadi sulit hamil loh!

Wanita yang berolahraga terlalu keras hingga kekurangan berat badan bisa berisiko menurunkan peluang kehamilan. Via kompas.com

Melakukan olahraga yang terlalu keras, bahkan tidak hanya wanita tetapi juga kaum pria, ternyata bisa berisiko menurunkan peluang kehamilan. Terutama wanita yang kekurangan berat badan akibat kebanyakan olahraga akan menjadi sulit hamil, seperti dilaporkan oleh laman HelloSehat.com. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian di mana rata-rata peserta yang rutin melakukan olahraga, tapi berat badannya di bawah berat badan normal, maka membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil. Itu pun berlaku ketika dibandingkan dengan wanita yang berolahraga tapi berat badannya sehat seimbang.

Olahraga ekstrim pun ternyata juga dapat mengganggu proses hamil dengan menghambat ovulasi atau mengganggu implantasi sel telur yang telah dibuahi. Hal ini terjadi karena terlalu banyak atau terlalu sedikit lemak di tubuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Makanya, dengan mempertahankan berat badan yang sehat akan dapat membantu wanita menjaga keseimbangan hormonnya, di mana kondisi tersebut pun akan membuat proses pembuahan menjadi lebih lancar.

Jika dilakukan berlebihan, olahraga pun bisa mempersulit wanita dengan berat badan normal untuk hamil. Via indonesianfree.com

Studi yang dilakukan oleh peneliti asal Amerika Serikat dan Denmark terhadap aktivitas fisik serta kesuburan dari ribuan wanita Denmark juga menunjukkan hasil tidak jauh berbeda. Jika dilakukan berlebihan, olahraga bisa mempersulit wanita dengan berat badan normal untuk hamil. “Studi kami menemukan, olahraga keras dan berlebihan sangat berhubungan erat dengan penurunan tingkat kesuburan wanita dengan berat badan normal, namun tidak wanita dengan kondisi obesitas,” kata Lauren Wise, profesor epidemiologi di Boston University School of Public Health di laman BeritaSatu.com.

Bahkan, olahraga dengan intensitas tinggi pun juga bisa mengganggu sel telur yang sudah berhasil terbuahi dan sudah menempel pada dinding rahim. Makanya, Cakap People harus barthati-hati ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-hati, 3 Zodiak Berikut Paling Mudah Marah dan Tersinggung loh!

Selalu Tampil Bugar, Ini Olahraga Rahasia yang Dilakukan Chris ‘Thor’ Hemsworth!