in ,

Generasi Millennial Wajib Tahu! Sebelum Olahraga Sebaiknya Konsumsi Ini

CakapCakap – Banyak orang yang melakukan olahraga dengan keras dan secara ketat, karena target ingin menurunkan berat badan agar bisa mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna dan idel. Cakap People sendiri pun mungkin pernah seperti itu. Namun, perlu juga untuk mengetahui bahwa dalam berolahraga ada tata cara yang sebaiknya jangan dianggap remeh. Salah satu contoh adalah tentang makanan yang sebaiknya harus dikonsumsi sebelum berolahraga, demi memberikan energi ekstra.

Sebelum berolahraga sebaiknya makanlah karbohidrat, tapi jangan terlalu banyak. Via hellosehat.com

Profesor di Departemen Nutrisi, University of Massachusetts di Amherst, Nancy Cohen menyarankan sebelum berolahraga sebaiknya makanlah karbohidrat, tapi jangan terlalu banyak, seperti dimuat di laman Republika.co.id. Dia sendiri merekomendasikan untuk mengonsumsi satu hingga empat gram karbohidrat per setiap 2,2 pon berat badan, jika berencana berolahraga lebih dari satu jam. Sebagai gambaran sederhana, sebuah pisang berukuran sedang memiliki sekitar 27 gram total karbohidrat.

Sementara itu, Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan, jika ingin mendapatkan 2.000 kalori sehari, usahakan untuk mengonsumsi antara 225-325 gram karbohidrat. Perlu diperhatikan juga bahwa sebaiknya makan sekitar satu jam hingga empat jam sebelum berolahraga. Salah satu makalah ulasan para peneliti di University of Sydney, Australia yang diterbitkan ‘Journal of Nutrition’ pada 2011, menunjukkan konsumsi karbohidrat dapat meningkatkan kinerja olahraga ketahanan.

Zat gizi dari makanan akan jadi sumber energi agar bisa melakukan berbagai aktivitas termasuk berolahraga. Via wartabuana.com

Tubuh manusia sendiri sama seperti mobil yang membutuhkan bahan bakar agar mesin bisa bekerja. Makanya, tubuh pun membutuhkan zat gizi dari makanan, di mana nantinya akan menjadi sumber energi agar bisa melakukan berbagai aktivitas termasuk berolahraga. Ketika seseorang berolahraga tanpa makan sebelumnya, maka tubuh akan kekurangan darah, sehingga bagian hipotalamus pada otak pun akan mengirimkan perintah agar tubuh memecah simpanan glukosa, yaitu dalam bentuk glikogen yang terdapat di dalam hati dan bagian otot, seperti yang dilaporkan oleh laman APKI.or.id.

Nah, jika jarak waktu hingga saat berolahraga sangat pendek, maka konsumsilah buah-buahan segar seperti pisang, apel dan papaya sekitar 20-30 menit sebelum olahraga, di mana proses pencernaan dan penyerapan gizinya sendiri memang tidak berlangsung lama, namun bisa memberikan energi. Jangan lupa ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sejak Ayah Meninggal dalam Kecelakaan, “Kapten” Keluarga Dipegang Ibu

Nissan Diduga Bayar Rp8,5 Miliar untuk Kuliah Anak Mantan Bosnya, Carlos Ghosn