in ,

Hati-Hati! Berolahraga di Siang Hari Saat Panas Terik Ternyata Berbahaya

CakapCakap – Olahraga memang penting bagi manusia, terutama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, dalam berolahraga juga perlu mengetahui waktu-waktu yang tepat, dan jangan sembarangan berolahraga. Sebagian orang, mungkin juga Cakap People, ada yang berpikir bahwa berolahraga di siang hari akan bisa membakar lebih banyak kalori dalam tubuh, sehingga lebih efektif menurunkan berat badan. Alasannya, karena tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak saat olahraga siang hari.

Olahraga di luar ruangan ketika suhu tinggi dapat mempengaruhi sejumlah kinerja otot pada tingkat sel. Via sparksmpls.com

Padahal, olahraga di siang hari malah tidak efektif, dan bahkan memiliki risiko kesehatan yang harus diwaspadai. Sebuah penelitian dari University of Nebraska di Omaha, Amerika Serikat menunjukan bahayanya melakukan olahraga di luar ruangan ketika suhu tinggi dapat mempengaruhi sejumlah kinerja otot pada tingkat sel, seperti dilaporkan laman HelloSehat.com. Respon yang ditunjukkan tubuh saat olahraga di suhu panas tampak sangat negatif, bahkan seperti tidak bekerja sama sekali.

Menurut Direktur Sanford Sports and Science Institute, Michael Bergeron, olahraga di siang hari di mana saat suhu panas terik, lembab, dan tidak berangin, maka akan membuat keringat tidak dapat menguap. Kondisi ini menyebabkan tubuh tidak bisa efektif mengeluarkan panas yang diproduksi tubuh setelah melakukan aktivitas fisik. Jika ini terjadi, maka suhu tubuh akan meningkat ke level yang berbahaya secara cepat. Kondisi ini pun bisa menyebabkan terjadinya sejumlah masalah pada tubuh, seperti kram otot, pusing, penglihatan kabur, dehidrasi, pingsan, dan bahkan heat stroke.

Berolahraga di siang hari juga bisa menyebabkan tercemar oleh polusi udara. Via bugaraga.com

Dokter spesialis paru dari Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – RS Persahabatan, Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FAPSR juga menyarankan untuk tidak berolahraga pada siang hari, seperti dimuat di laman Detik.com. Alasannya memang sedikit berbeda, yakni karena banyak polusi udara pada siang hari yang bisa menyebabkan terjadinya sejumlah penyakit, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, hingga kanker paru.

“Olahraga jangan di siang hari, kalau kita napas malah udara kotor yang masuk. Kita harus menjaga tubuh kita seminggu sekali untuk dapat udara sehat, maka harus ada Sabtu-Minggu dapat udara sehat. Misal jalan ke taman, ke tempat yang banyak pohon rindang,” ungkap dr Agus menjelaskan. Nah, mulai sekarang Cakap People harus paham dengan waktu-waktu terbaik untuk berolahraga ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

MRT Jakarta Resmi Beroperasi, Inilah Jadwal Keberangkatan yang Harus Kamu Tahu

Ternyata Ini Rahasia Bugar Chris Evans Sang ‘Captain America’ Lho!