in ,

Disebut Laku Ratusan Juta, Ternyata Segini Harga Pasaran Asli Koin Rp1.000 Kelapa Sawit

Hanya kisaran Rp2.000-Rp3.000 per keping koin seribu berlambang kelapa sawit

CakapCakap – Cakap People tentu sudah pernah mendengar kehebohan dari koin Rp1.000 berlambang kelapa sawit ini, bukan? sempat begitu viral hingga harganya diklaim sampai ratusan juta, membuat koin lama ini begitu diburu. Tentu saja ini kian jadi sorotan publik.

Padahal uang pecahan ini hanya memiliki nilai Rp1.000, tetapi bisa melambung sampai Rp100 juta harga jualnya. Hal ini tentu karena adanya berbagai kepentingan seperti untuk koleksi. Namun salah satu penjual dengan akun @annasfadloli asal Ponorogo mengaku kebanyakan mereka yang membeli untuk digunakan sebagai bahan pembuatan mahar.

Koin seribu berlambang kelapa sawit via tribunnews.com

“Banyak orang yang cari untuk koleksi atau sebagai bahan mahar,” ujar penjual uang koin di marketplace Shopee dengan akun @annasfadloli kepada CNNIndonesia.com, Rabu (17/6).

Namun menurut pemaparannya, jual beli koin ini sudah lama digeluti sejak tahun 2015. Bahkan harga yang dia patok hanya kisaran Rp2.000-Rp3.000-an per keping sesuai dengan kondisinya. Dirinya mengakui koin ini sempat viral, tetapi soal harga sampai jutaan itu disebutnya hoaks.

“Sering banget viral begini, tapi kalau orang tahu, harga pasarannya sebenarnya ya cuma Rp2.000 sampai Rp3.000 saja. Jadi yang viral sampai jutaan itu hanya hoaks (kabar bohong) saja,” katanya.

Kumpulan koin seribu kelapa sawit via grid.id

Penjual ini menawarkan harga mulai dari Rp2.100 per keping untuk uang koin kelapa sawit yang ada cacatnya, seperti berkarat dan bolong. Sedangkan uang koin kelapa sawit yang sudah dibersihkan dihargai Rp3.600 per keping. Bahkan setidaknya ia sudah menjual 2.400 keping koin dan saat ini masih memiliki stok sekitar 101 keping.

Menurut paparannya, sebenarnya harga rata-rata uang koin dengan ukuran 26 milimeter (mm) dengan tebal 2 mm, dan berat 8,6 gram ini berkisar Rp2.000-Rp5.000 per keping. Pada kisaran tersebut, banyak koin yang laku terjual.

Sementara pemaparan dari penjual lain bernama @blue_shark88 yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah menyebut alasan dijualnya koin bernilai tukar Rp1.000 itu adalah usianya yang terbilang tua. Pasalnya, pada deskripsi produk yang dipasarkan di marketplace Shopee ada pemaparan bahwa uang koin tersebut produksi tahun 1996, sehingga usianya kini mencapai 24 tahun.

Akan tetapi, ada juga lho Cakap People, penjual koin Rp1.000 ini dengan kisaran harga Rp5 juta! Akun penjualnya ini ada di marketplace Bukalapak dengan nama penjual Agus Yayan, berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

WHO Berharap Ratusan Juta Dosis Vaksin Virus Corona Tersedia di 2020 dan Dua Miliar Pada 2021

Korea Utara Bakal Serang Sistem Pemilihan Presiden AS November Mendatang, Ahli Mengingatkan!