in ,

Diam-Diam! Sepeda Motor Trail Buatan Kelapa Gading Ini Ternyata Laris di Luar Negeri

Motor ini diekspor sebanyak 1.200 unit ke luar negeri pada Juli 2019

CakapCakap – Hingga saat ini memang belum ada merek otomotif asli Indonesia yang bisa bersaing secara global. Namun, sejumlah model baik sepeda motor maupun mobil yang diproduksi di Tanah Air sudah banyak yang diekspor ke luar negeri; meskipun itu merupakan merek asing, terutama dari Jepang. Cakap People tentu saja mengetahui beberapa model sepeda motor buatan pabrik Indonesia yang telah banyak dijual di luar negeri. Nah, salah satu adalah sepeda motor trail Honda CRF150L.

Sepeda motor trail CRF150L menjadi salah satu produk buatan Indonesia yang laris manis ke luar negeri. Via oto.com

Honda CRF150L diproduksi secara lokal di pabrik milik PT Astra Honda Motor (AHM) dalam kawasan Pegangsaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, seperti yang dilaporkan oleh laman VIVA.co.id. Rupanya, sepeda motor trail yang dibanderol mulai dari Rp 34,5 juta di Indonesia itu laris manis di luar negeri. Selain untuk kebutuhan domestik, Honda CRF150L memang juga diekspor, di mana sebanyak 1.200 unit dikirim ke luar negeri pada bulan Juli 2019. Jumlah itu naik dibandingkan bulan Juli 2018 lalu.

“Kami yakin sepeda motor Honda produksi anak bangsa juga dapat bersaing dengan produk sepeda motor di negara lain. Hal tersebut terlihat dari penerimaan produk ekspor yang sangat baik,” ungkap General Manager Overseas Business Division PT AHM, Kurniawati Slamet. Dia pun mengakui bahwa konsumen sepeda motor trail Honda CRF150L di luar negeri juga sangat tinggi. Terbukti dari naiknya jumlah ekspor model sepeda motor petualang itu dari tahun lalu yang hanya sebanyak 920 unit saja.

Honda CRF150L dihadirkan di Indonesia untuk menyaingi sepeda motor trail Kawasaki KLX 150. Via moladin.com

Honda CRF150L buatan Indonesia sendiri pertama kali hadir pada tahun 2017 lalu, untuk bersaing dengan model Kawasaki KLX 150, seperti dimuat dalam laman Otosia.com. Sepeda motor ini pun didukung dengan teknologi terbaru dari pabrikan Honda. Menurut anggota Trail Adventure Bandung Association (Trabas), Jerry, Honda CRF150L memiliki kemampuan untuk diajak main lumpur meski kondisinya standar. Padahal jalur off road yang dilintasi cukup berat dengan kontur tanah yang labil.

“Untuk ukuran motor standar, ini oke lah dibanding si ‘ijo’ (Kawasaki KLX 150). Kalau tenaga mirip-mirip. Cuma yang bikin beda itu suspensinya. Bantingannya enak banget,” ungkap Jerry pula. Honda CRF150L sendiri menggunakan suspensi depan up side down berdiameter 37 mm dengan Stroke 225 mm dan shock belakang Monosuspension with Pro-Link Suspension System dengan Axle Travel 207 mm. Nah, Cakap People mau memilikinya juga?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Luar Biasa! Atta Halilintar Raup Rp 22 M Per Bulan, Jadi YouTuber Terkaya Ke-8 di Dunia

Lima Raja Asia Ini Bakal Hadir di Festival Keraton Sulawesi Selatan