in ,

Deretan Senjata Sakti Ini Pernah Dimiliki Orang Indonesia loh, Apa Saja?

CakapCakap – Sebelum berada dalam zaman yang serba teknologi dan canggih seperti sekarang ini, terlebih dahulu orang Indonesia berada dalam masa kuno. Di mana dulunya menggantungkan kehidupan pada alam. Bahkan orang zaman dulu menciptakan senjata sendiri loh Cakap People.

Bentuk dari senjata tersebut pun terbilang unik, kuat namun ada juga yang memberikan rasa mengerikan. Kendati memiliki bentuk yang aneh, namun senjata-senjata tersebut dikenal sakti serta bisa digunakan sesuai fungsi masing-masing. Nah, sudah mulai penasaran seperti apa saja senjata sakti zaman dahulu? Intip ulasan berikut ini yuk!

1. Kerambit, Minangkabau

Senjata sakti asal Minang via Lensapena.id

Sudah tahu bentuk dari senjata berikut ini? Kerambit memiliki bentuk yang hampir serupa dengan pisau genggam yang kecil dan melengkung asal Asia Tenggara. Umumnya di wilayah Filipina, Indonesia serta Malaysia. Masyarakat Minang biasa menyebut senjata ini karambiak atau kurambiak, sedangkan dunia Barat mengenalnya dengan karambit. Jika kamu menjumpai senjata yang satu ini, maka harus berhati-hati. Sebab ia termasuk jenis senjata berbahaya yang dapat merobek maupun menyayat tubuh lawan dengan cepat tanpa terdeteksi. Berbekal dari cerita rakyat, bentuk kerambit ini terilhami dari cakar harimau yang kala itu banyak berkeliaran di wilayah hutan Sumatra.

2. Rencong dari Aceh

Benda milik suku Aceh via Wacana.co

Berikut merupakan senjata tradisional dari suku Aceh. Rencong dianggap sebagai simbol keberanian, identitas diri hingga ketangguhan bagi suku Aceh. Bahkan dalam catatan sejarah, senjata tersebut merupakan senjata bertajuk tradisional yang dipakai di Kesultanan Aceh sedari masa kepemimpinan Sultan Ali Mughayat Syah yang tak lain ialah Sultan Aceh pertama. Kamu dapat menjumpai Rencong emas kepunyaan Sultan Aceh di Museum Sejarah Aceh. Penasaran ingin melihatnya?

3. Kujang, Sunda

Kujang dari Sunda via Sportourism.id

Pernah mendengar nama senjata yang satu ini? Kujang memiliki bentuk yang terbilang unik, ia terbuat dari besi, baja serta bahan pamor dari abad ke-8 atau ke-9. Senjata ini memiliki panjang sekitar 20-25 sentimeter dengan berat kurang lebih 300 gram. Kujang seolah melambangkan keberanian serta kekuatan guna melindungi kebenaran dan hak dari seseorang. Ia bisa dijadikan sebagai sebuah senjata, perlambang, alat pertanian, ciri khas hingga cinderamata. Sanghyang Siksakandang Karesian Pupuh XVII menyebutkan jika kujang merupakan senjata bagi kaum petani serta mempunyai akar dalam budaya pertanian dari masyarakat Sunda.

Apa Cakap People ada yang mengenal senjata sakti tradisional di atas? Agaknya kamu bisa sedikit paham perihal senjata-senjata di atas melalui ulasan berikut. Sebab sebagai masyarakat Indonesia setidaknya kita mengenal senjata apa saja yang merupakan khas dari negara kita. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Harus Coba! Spot-Spot Foto Seru di Haluu World Jakarta

Lagi Cari Istri? Ini loh 4 Zodiak Wanita yang Ideal Dijadikan Pasangan!