in ,

Deretan Manfaat Retinol untuk Kulit, Samarkan Bekas Luka Salah Satunya!

Retinol termasuk produk favorit untuk rutinitas perawatan kulit wajah

CakapCakapCakap People! Retinol termasuk produk favorit untuk rutinitas perawatan kulit wajah karena memiliki banyak manfaat. Retinol merupakan turunan vitamin A dan dijuluki vitamin A dalam bentuk kosmetik karena kemampuannya merawat kulit wajah.

Agar perawatan wajah dengan retinol maksimal, konsultasikan kebutuhan penggunaannya dengan dokter kulit dan gunakan sesuai rekomendasi.

Deretan Manfaat Retinol untuk Kulit, Samarkan Bekas Luka Salah Satunya!
Ilustrasi [Foto via femaledaily.com]

Berikut manfaat retinol untuk perawatan kulit wajah.

Melawan tanda penuaan dini

Salah satu manfaat retinol yang utama adalah kemampuan merangsang produksi kolagen, protein yang memberikan kekenyalan dan elastisitas kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, retinol membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan serta memperbaiki tekstur kulit. Manfaat retinol untuk menghilangkan garis halus di wajah bisa terasa dalam 2-3 bulan pemakaian. Selain itu, retinol juga dapat merangsang regenerasi sel kulit dan memperbaiki tekstur kulit untuk membuat wajah terlihat lebih cerah dan rata.

Cegah jerawat

Retinol memiliki manfaat penting dalam mengatasi jerawat karena sifatnya yang mengatur pengelupasan kulit, membersihkan pori-pori, dan mengurangi peradangan. Retinol bisa merangsang pergantian sel kulit yang lebih cepat, membantu mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat.

Selain itu, senyawa aktif tersebut juga bisa mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat memicu perkembangan jerawat. Dengan efek anti-inflamasi yang dimiliki, retinol membantu mengurangi kemerahan dan peradangan. Untuk mengatasi jerawat, oleskan 1-2 tetes retinol pada area wajah yang bermasalah.

Samarkan bekas luka

Jika memiliki garis-garis bekas luka, retinol adalah pilihan yang tepat karena bisa menyamarkan. Skincare yang mengandung senyawa aktif itu juga bisa dipilih jika ingin memudarkan noda hitam pada wajah.

Mengecilkan pori-pori

Sifat retinol yang dapat mengatur produksi minyak membuat pori-pori wajah mengecil. Jika pori-pori mengecil, wajah akan terlihat mulus dan halus. Dengan kemampuannya merangsang produksi kolagen, senyawa itu juga membantu mengencangkan kulit di sekitar pori-pori.

Mencerahkan kulit

Kandungan skincare yang sedang populer ini juga dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi serta bintik-bintik gelap akibat paparan sinar matahari. Jika produk perawatan wajah yang mengandung retinol digunakan secara rutin maka kita bisa mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya.

Kulit di sekitar mata, yang sangat tipis dan sensitif, juga bisa mendapatkan manfaat jika dirawat dengan krim mata yang mengandung retinol, yang bisa menyamarkan kerutan dan garis halus serta mencerahkan kulit di sekitar mata.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah 10 Manfaat Rutin Makan 3 Biji Kacang Almond Setiap Pagi bagi Kesehatan

Inilah 10 Manfaat Rutin Makan 3 Biji Kacang Almond Setiap Pagi bagi Kesehatan

Resep Gurame Saus Tiram ala Restoran, Cocok untuk Makan Malam

Resep Gurame Saus Tiram ala Restoran, Hidangan Makan Malam Keluarga