in ,

Deretan Kota di Indonesia Ini Bisa Kamu Kunjungi untuk Melepaskan Diri dari Polusi Udara Jakarta

Nikmatilah kota-kota di luar Jakarta dengan tingkat kualitas udara yang baik.

CakapCakapCakap People! Jakarta baru-baru ini berada di urutan teratas dalam daftar kota-kota dengan kualitas udara terburuk di dunia, mengalahkan kota-kota yang terkenal tercemar seperti Shanghai atau Karachi.

Airvisual adalah situs web yang melacak kualitas udara kota-kota besar di seluruh dunia secara real time. Pada hari Senin, 29 Juli 2019, Jakarta tercatat dengan Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index-AQI) mencapai 159. Padahal, kota-kota seperti New York City dan Tokyo masing-masing hanya mencatat 58 dan 57.

Nah, Cakap People! Ada baiknya jika sesekali kamu keluar kota Jakarta untuk menikmati udara segar di kota-kota lain di Indonesia, seperti dilansir dari The Jakarta Post, Kamis, 1 Agustus 2019, berikut ini:

1. Banyuwangi, Jawa Timur

View this post on Instagram

repost @ulfamaruapey82 – Selain Kawah Ijen, Banyuwangi juga punya Pantai Green Bay yang memesona. Pasirnya putih bersih, berpadu kontras dengan air laut gradasi biru dan hijau, juga tumbuhan hijau di sekelilingnya. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pantai Green Bay, seperti berenang di tepi pantai, snorkeling, diving, atau main di air terjunnya yang setinggi 8 meter dan dikelilingi batu karang cantik. Gimana travelers? Jadi pengin ke sana bareng teman-teman, kan? Yuk, rencanakan liburanmu lewat Pegipegi! . . . . ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ . Loc 📌: Pantai Teluk Hijau Banyuwangi, Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur Tag temanmu dan ajak kesini! . ➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖ . . Punya foto dan info seputar Wisata Banyuwangi? Tag @ngelencerbwi dan hastag #ngelencerbanyuwangi . . . #indonesia_photography #indonesiajuara #indonesiaindah #indonesiantraveler #indonesiabagus #exploreindonesia #travelingram #travelingindonesia #pegipegi #pegipegikemana #pegipegiyuk #jelajahiindonesiamu #wonderfulindonesia #pantaigreenbay #greenbaybeach #pantaitelukhijau #telukhijaubanyuwangi #telukhijau #nature #naturephotography #beach #beachlife #travel #travelphotography

A post shared by Ngelencer Banyuwangi (@ngelencerbwi) on

Indeks Kualitas Udara (Air Quality Index – AQI) Banyuwangi biasanya terdaftar pada level baik hingga sedang. Mengunjungi kota ini dan membandingkannya dengan Jakarta secara harfiah menghirup udara segar.

Pada saat yang sama ada banyak tujuan populer untuk dikunjungi di wilayah ini, seperti api biru Gunung Ijen, Taman Nasional Baluran dan Pantai Green Bay.

2. Buleleng, Bali

Buleleng terletak di sisi utara pulau Bali. Belum ada arus besar wisatawan ke lokasi ini dibandingkan dengan sisa pulau lainnya, yang juga berkontribusi terhadap kualitas udara yang tinggi di wilayah ini. Buleleng telah diproyeksikan untuk mempertahankan kualitas udara yang tinggi dalam waktu dekat.

Meskipun tidak sepopuler pulau lainnya, daerah ini juga memiliki pemandangan yang indah untuk dilihat. Pantai Lovina adalah tujuan populer di Buleleng, di mana pengunjung mungkin dapat melihat lumba-lumba. Ini juga merupakan rumah bagi Danau Buyan dan air terjun yang indah.

3. Banda Aceh, Aceh

View this post on Instagram

Trauma itu masih ada, namun sejarah itu benar pula adanya.

A post shared by Maulana Akbar (@maulanaakbar.studio) on

Ibukota provinsi Aceh ini dikenal dengan kualitas udara yang sangat tinggi. Selama berhari-hari dan berturut-turut, grafik kualitas udara di daerah tersebut berada pada tingkat yang jelas.

Museum di kota ini menyoroti tsunami dahsyat tahun 2004. Pengunjung juga dapat mengunjungi pulau Sabang untuk wisata bahari atau menemukan kelezatan kuliner yang memanfaatkan beragam bumbu yang dapat ditemukan di wilayah ini.

4. Manado, Sulawesi Utara

Kota ini dikenal di seluruh dunia untuk wisata bahari. Saat mengunjungi daerah ini, Taman Nasional Bunaken jangan sampai untuk dilewatkan, juga lokasi lainnya, seperti Pulau Manado Tua dan Gunung Tumpa.

Ada juga kota-kota menarik yang mengelilingi kota, seperti Tomohon, yang terkenal dengan bunganya, serta Bitung, yang dikenal sebagai tujuan penyelaman kelas dunia.

5. Ambon, Maluku

Ambon di Maluku cukup dikenal sebagai kota musik dan pantai. Beberapa pantai yang bisa dijelajahi adalah Pantai Pintu, Pantai Hkurila, dan Pantai Namalatu. Ambon juga merupakan pusat situs wisata bahari berkelas dunia.

Dari kota, pengunjung dapat pergi ke Ora, Kepulauan Kei, atau Pelabuhan Neira. Dari area ini, ada banyak pilihan untuk naik perahu atau pesawat pribadi untuk berbagai kunjungan.

Cara Tetap Sehat Meski di Tengah Polusi Udara Kota Jakarta

USAID Indonesia Bersama Diskominfo Kota Makassar Diskusi Bersama Membahas Kolaborasi Smart City Makassar