in ,

Biden Usir 10 Diplomat Rusia Sebagai Bagian dari Sanksi Baru atas Peretasan dan Gangguan Pemilu

Selain 10 pejabat Rusia yang diusir dari AS, sanksi juga akan dikenakan pada hampir tiga lusin orang dan perusahaan

CakapCakapCakap People! Presiden AS Joe Biden telah mengusir 10 diplomat Rusia di tengah sanksi baru terhadap negara itu setelah peretasan dan campur tangan pemilu.

Menandai pertama kalinya AS mengaitkan badan intelijen Rusia dengan pelanggaran keamanan siber SolarWinds, yang memberi peretas akses ke 18.000 jaringan komputer pemerintah dan swasta, itu adalah langkah tegas lain dari pemerintahan Biden, yang baru-baru ini memperingatkan akan ‘bertindak tegas’ dalam ketegangan Rusia dengan Ukraina.

Presiden Joe Biden berbicara tentang Rusia di Ruang Timur Gedung Putih, Kamis, 15 April 2021, di Washington. [Foto AP / Andrew Harnik]

Langkah ini juga menandakan seberapa parah Biden menangani dugaan campur tangan Moskow dalam pemilihan presiden 2020, dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dituduh mengizinkan operasi pengaruh untuk merusak pencalonan presiden AS saat itu dan meningkatkan suara untuk Donald Trump, menurut laporan intelijen nasional.

Selain 10 pejabat Rusia yang diusir dari AS, sanksi juga akan dikenakan pada hampir tiga lusin orang dan perusahaan, dengan perintah eksekutif yang melarang lembaga keuangan Amerika membeli obligasi dalam mata uang rubel mulai Juni dan seterusnya, seperti dilaporkan AP News.

Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin. Selain 10 pejabat Rusia yang diusir dari AS, sanksi juga akan dikenakan pada hampir tiga lusin orang dan perusahaan, dengan perintah eksekutif yang melarang lembaga keuangan Amerika membeli obligasi dalam mata uang rubel mulai Juni dan seterusnya. [Foto: AP]

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan CBS News, Gedung Putih mengatakan: “Pemerintahan Biden telah menjelaskan bahwa Amerika Serikat menginginkan hubungan dengan Rusia yang stabil dan dapat diprediksi.”

Ditambahkan: “Kami tidak berpikir bahwa kami perlu melanjutkan ke arah yang negatif. Namun, kami juga telah menjelaskan – secara publik dan pribadi – bahwa kami akan membela kepentingan nasional kami dan membebankan biaya atas tindakan Pemerintah Rusia yang berusaha merugikan kami.”

Biden juga mengatakan dalam sebuah pengarahan kepada Kongres: “Saya telah menetapkan bahwa aktivitas luar negeri tertentu yang berbahaya dari Pemerintah Federasi Rusia… merupakan ancaman yang tidak biasa dan luar biasa bagi keamanan nasional, kebijakan luar negeri, dan ekonomi Amerika Serikat,” seperti dilansir Unilad.co.uk.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

China Minta Wakil PM Jepang Untuk Minum Air Radioaktif Fukushima Setelah Dia Bilang Aman

Penjualan Ganja di Kanada Meningkat Berlipat Ganda Menjadi $ 2,6 Miliar pada 2020