in ,

Bersihkan Ponsel Lebih Baik daripada Kenakan Masker untuk Cegah Virus Corona

“Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting,” kata Kenneth Mak.

CakapCakapCakap People! Membersihkan ponsel secara teratur dan mencuci tangan adalah cara yang lebih baik untuk memerangi penyebaran virus corona daripada mengenakan masker. 

Dilansir dari Business Insider, Jumat, 14 Februari 2020, hal itu diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan Singapura, pada hari Rabu, 12 Februari 2020, setelah sebuah seruan secara pribadi dikeluarkan oleh empat dokter lokal yang meminta warga setempat untuk mengenakan masker saat berada di keramaian publik untuk cegah penyebaran virus corona viral di WhatsApp.

Orang-orang yang mengenakan masker pelindung antri untuk diperiksa suhunya di luar gedung perkantoran di kawasan pusat bisnis Singapura, pada hari Senin, 10 Februari 2020. [Fotografer: SeongJoon Cho / Bloomberg]

Diketahui, seruan yang beredar di WhatsApp itu dikeluarkan pada Senin, 10 Februari 2020 dan ditandatangani oleh empat dokter, yaitu Colleen Thomas, Judy Chen, Tham Hoe Meng dan Lim Pin Pin. 

Keempat dokter itu menyerukan agar warga Singapura “selalu mengenakan masker saat meninggalkan rumah” dan menghindari keramaian di area publik. Mereka mengklaim hal ini bisa menghentikan penyebaran virus corona dalam waktu 2 minggu.

Namun, Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak, mengatakan pada konferensi pers pada hari Rabu, 12 Februari 2020, bahwa meskipun “banyak saran yang bermaksud baik” dari berbagai tempat, termasuk dokter, tetapi tidak ada bukti bahwa virus tersebut melayang di udara, dan membuat masker menjadi metode perlindungan yang tidak efektif.

Direktur Layanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak, saat memberikan keterangan pada konferensi pers, Rabu, 12 Februari 2020. [FOTO: DESMOND WEE/The Straits Times]

Ia menambahkan bahwa tugas yang lebih penting adalah orang-orang harus membersihkan ponsel mereka.

“Waspadai hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi mengenakan masker bukanlah hal yang paling penting,” kata Kenneth Mak, seperti dikutip dari The Straits Times.

Cara yang benar untuk membersihkan ponsel 

Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa ponsel mengandung lebih banyak kuman daripada kursi dudukan toilet. Mereka adalah barang-barang paling kotor yang dimiliki seseorang, seberapa pun sering toilet itu dibersihkan dan fakta bahwa banyak orang membawa ponsel mereka ke toilet — tempat berkumpulnya kotoran. Berarti, cara yang cepat dan tepat untuk membatasi kontaminasi adalah dengan menghindari untuk membawa atau menggunakan ponsel di toilet.

Lebih buruk lagi, ponsel sering menyentuh mata, hidung, dan bibir kita — poin kunci di mana virus corona menginfeksi tubuh manusia.

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang dilakukan oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih UV smartphone adalah metode yang paling efektif untuk membunuh kuman.

Menggunakan larutan alkohol juga efektif, kata penelitian itu, menambahkan bahwa celah antara ponsel dan kasing ponsel mengandung lebih banyak bakteri daripada layar ponsel itu sendiri.

Foto: Derek Poore / CNET

Ahli mikrobiologi Charles Gerba mengatakan kepada Health bahwa larutan alkohol ini bisa dibuat di rumah dengan menggabungkan air (60 persen) dan alkohol gosok (40 persen), kamu bisa membersihkan ponsel dengan menggunakan kain mikrofiber, kapas atau kapas yang sedikit dibasahi dengan larutan alkohol tersebut.

Tetapi, Charles Gerba dan situs CNet mengatakan agar kamu menghindari penyemprotan larutan alkohol pada ponsel secara langsung atau menggunakan tisu antibakteri pada layar, karena ini bisa menghilangkan air dan lapisan anti minyak. Namun, tisu antibakteri dapat digunakan untuk membersihkan kasing ponsel.

Menurut situs CNet, barang-barang lain yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan ponsel adalah: pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus rias wajah, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka.

Ketika tidak ada opsi sanitasi (pembersih) lain yang tersedia, membersihkan ponsel secara fisik dengan menggunakan kain microfiber juga sudah bisa mencegah kontaminasi, menurut studi tahun 2018.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Begini Cara Minta Maaf pada Pasangan yang Kecewa dan Marah Padamu!

Film Sukses Parasite akan Dibuat Versi Hollywood, Bakal Seperti Apa ya?