in

Bersepeda atau Berlari Sambil Dengar Musik di Jalan Raya, Simak Tips Aman Berikut!

Bersepeda atau berlari sambil dengar musik memang sangat menyenangkan ya, tapi..

CakapCakapCakap People! Berlari atau bersepeda sambil mendengarkan musik memang bisa membuat kita lebih bersemangat ya, tetapi hal ini bisa membahayakan kamu jika tidak menyadari suasana lingkungan sekitar.

Di antara komunitas berlari dan bersepeda, ada perdebatan yang sedang berlangsung tentang apakah kamu harus mendengarkan musik atau tidak saat berlari atau bersepeda. Di satu sisi, mendengarkan musik sambil berolahraga dapat meningkatkan kinerja dan membantu kamu mempertahankan latihan kamu lebih lama.

Di sisi lain, mendengarkan musik sambil bersepeda atau berlari di pinggir jalan itu bisa menghadirkan bahaya, karena headphone dan earphone merusak salah satu indera terpenting kamu, yaitu pendengaran.

Ilustrasi. [Foto: Pixabay]

Karena musik membuat sebagian besar hal lebih menyenangkan dan kebanyakan orang tidak akan meninggalkan headphone mereka, inilah sejumlah tips aman yang bisa kamu ikuti saat bersepeda atau berlari di jalan raya, seperti dilansir dari CNET berikut ini:

Gunakanlah earphone hanya pada satu telinga

Ilustrasi. [Foto via Dokter Sehat]

Cara termudah untuk mendapatkan yang terbaik dan aman adalah membiarkan telinga bisa mendengarkan suasana lalu lintas secara terbuka. Dengan cara ini kamu masih bisa menikmati musik kamu di satu telinga, sambil mendengarkan klakson, lonceng, mobil yang melaju, sirene dan semua suara jalan lainnya untuk menjamin perjalanan kamu yang aman.

Jaga volume tetap rendah

Turunkan volume dan pastikan headphone atau earphone kamu masih memungkinkanmu untuk mendengar lingkungan kamu. Jangan menggunakan headphone atau earphone yang kedap suara, karena kamu takkan bisa mendengarkan suara lalu lintas saat kamu bersepeda atau berlari, apalagi jika kamu mengenakannya dengan dua telinga kamu. 

Coba headphone konduksi tulang

Dengan headphone konduksi tulang, kamu bisa mendengar musik dan suara lingkungan, seperti mobil, anjing, dan pejalan kaki. [Foto: AfterShokz]

Gadget berteknologi tinggi ini bekerja dengan mendekode gelombang suara dan mengirimkannya langsung ke koklea kamu sebagai getaran melalui tulang pipi kamu, melewati gendang telinga.

Klip pada speaker Bluetooth

Ini adalah alternatif yang bagus untuk model headphone konduksi tulang jika kamu ingin mendengarkan musik tanpa ada benda apa pun menempel di telinga kamu. Dapatkan pengeras suara melalui Bluetooth kecil dan klipkan atau letakkan di mana pun yang membuat kamu nyaman. Jika kamu bersepeda, kamu mungkin bisa mengaitkannya ke ransel atau pegangan. Jika kamu berlari, bisa memasang speaker bluetooth kecil itu ke rompi hidrasi atau baju kamu.

Kenakan helm Bluetooth

Ilustrasi. [Foto: Angela Lang / CNET]

Helm diperlukan saat bersepeda, oleh karena itu, mengenakan helm berkemampuan Bluetooth bisa menjadi alternatif yang baik untuk memastikan keselamatan kamu dan perjalanan yang menyenangkan.

Menepilah dari jalan raya saat ingin mengatur musik kamu

Jika kamu ingin mengubah atau mengatur lagu atau musik yang kamu dengarkan, menepilah sejauh mungkin dari jalan raya agar tak berbahaya. Ini mungkin tampak seperti tak masuk akal, tetapi mencoba untuk berlari atau bersepeda sambil menyesuaikan volume, mengganti lagu atau menyesuaikan pengaturan speaker / headphone, itu dapat mengakibatkan kecelakaan serius.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wuling Hongguang Plus, Saudara Muda Wuling Confero dengan Bodi Lebih Besar

Inilah yang Terjadi pada Otak Saat Kamu Khawatir Tentang Kondisi Keuangan