in ,

Berikut 3 Buah yang Aman Dikonsumsi Pasien Diabetes, Gak Bikin Gula Darah Naik!

CakapCakap – Buah merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Namun mayoritas orang memiliki keyakinan jika pasien diabetes harus mengurangi kebiasaan makan buah. Mengapa demikian? Sebab mereka yakin jika buah punya cita rasa manis yang berasal dari gula. Padahal itu merupakan sebuah mitos Cakap People.

Menurut American Diabetes Association menjelaskan jika buah sebenarnya baik bagi diabetes lantaran terdapat banyak kandungan serat, vitamin hingga mineral. Namun pemilihan buah yang akan dikonsumsi juga wajib diperhatikan. Sebab kamu disarankan untuk memilih buah dengan indeks glikemik yang rendah. Apa saja buah-buah tersebut? Berikut daftarnya!

1. Kiwi

Memiliki kandungan air yang berlimpah via Sains.kompas.com

Suka dengan buah yang identik dengan warna hijau ini? Maka kamu tidak perlu menjauhinya. Sebab konsumsi kiwi akan membuat nutrisi penting dalam tubuh terjaga, seperti vitamin C, serat hingga kalium. Kiwi umumnya memiliki sensasi rasa yang agak asam, di mana ia juga punya indeks glikemik rendah yang mampu membuat penyerapan glukosa jadi berkurang. Mengapa bisa begitu? Karena kiwi punya kandungan air yang cukup banyak.

2. Alpukat

Kadar indeks glikemik rendah via Medium.com

Buah yang satu ini bisa kamu konsumsi dengan cara yang bervariasi. Misalnya saja diolah menjadi jus murni tanpa gula dan tambahan tertentu hingga dipotong kemudian disantap. Kendati punya kadar lemak yang cukup tinggi, namun buah ini punya indeks glikemik rendah loh! Hal ini karena lemak di dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh yang bisa berguna bagi tubuh. Tak hanya itu, buah ini juga dapat menjadikan sensitivitas insulin meningkat loh!

3. Apel

Kaya akan serat via Malang.merdeka.com

Memang tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh pasien diabetes. Namun kamu disarankan untuk menyantap buah apel. Sebab dalam buah ini tersedia kandungan serat yang cukup berlimpah dan diperkaya oleh vitamin C. Tak hanya itu, indeks glikemik dalam apel juga terbilang rendah, yakni di bawah angka 55. Kamu bisa mengonsumsi apel beserta kulitnya, dengan demikian maka kandungan nutrisi yang diperoleh oleh tubuh malah lebih banyak.

Nah itu dia beberapa buah yang bisa dikonsumsi oleh pasien diabetes Cakap People. Apabila kamu bosan dengan buah-buah di atas maka dapat mencoba alternatif buah lain, misalnya saja jeruk. Di mana jeruk punya indeks glikemik di bawah 55. Ia pun juga kaya akan kalium serta asam folat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Crossover Lexus UX 200 Diklaim Cocok untuk Wanita Karier, Ini Kelebihannya!

Bersaing dengan 20 Negara, TNI AD Juara Umum di Australia