in ,

Berat Badan di Usia 30 Tahun Lebih Susah Turun, Mengapa?

Massa otot dan kekuatan akan menurun di usia 30 tahun sehingga pembakaran kalori lebih sedikit

CakapCakap – Berat badan berlebih memang sangat mengganggu. Sayangnya banyak orang yang merasa berat badan mereka susah turun meski telah melakukan diet sekalipun. Bagi Cakap People yang masih berusia di bawah 30 tahun, tentu itu jadi waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan berlebih. Karena jika sudah lebih dari angka tersebut, berat badan menjadi lebih sulit untuk turun. Mengapa?

Pembakaran kalori dalam tubuh tidaklah sama seumur hidup. Karena jika sudah masuk ke usia 30 tahun, maka massa otot dan juga kekuatan akan menurun yang berakibat pada pembakaran kalori menjadi lebih sedikit.

Ilustrasi meteran dan timbangan badan via dream.co.id

Melissa Halas-Liang, seorang ahli berasal dari California Academy of Nutrition and Dietetics, menyebutkan jika hal yang satu ini dialami oleh wanita maupun pria. Inilah kenapa kamu akan melewati perjuangan yang lebih berat jika menurunkan berat badan lebih dari usia 30 tahun.

Kemampuan tubuh dalam melakukan pembakaran kalori akan mengalami penurunan setelah usia mencapai 30 tahun. Kemampuan tubuh lainnya seperti halnya bernapas juga akan mengalami penurunan mencapai 10 persen saat usia menginjak ke angka 50 tahun. Sedangkan pada usia 70 tahun, seseorang bisa mengalami penurunan untuk kemampuan tersebut mencapai 20 sampai dengan 25 persen.

Ilustrasi timbangan via klikdokter.com

Seorang pria biasanya bisa menurunkan berat badan lebih mudah karena massa ototnya yang lebih tinggi di bandingkan dengan wanita saat usia mereka bertambah. Sedangkan wanita, efek menopause bisa mengakibatkan dampak buruk dalam upaya penurunan berat badan yang dilakukan. Meski bakal sulit dilakukan, namun perlu diketahui bahwa kamu memiliki peluang yang masih besar untuk menurunkan berat badan sebelum mencapai usia 30 tahunan.

Selama proses diet, pastikan jika kamu mengonsumsi beragam makanan sehat dalam jumlah yang tepat. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan olahraga yang cocok dan pastinya mampu membantu proses diet yang tengah dijalankan. Jangan lupa untuk memilih jenis diet yang tepat dan pastinya jika mengorbankan kesehatanmu ya. Bila diperlukan, Cakap People juga bisa berkonsultasi kepada dokter untuk jenis diet yang tepat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Menu Makanan yang Dipilih Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto dalam Pertemuan Hari Ini

Keren! DFSK Klaim Pabriknya di Indonesia Sudah Bisa Produksi Mobil Listrik