in ,

Benarkah Air Dingin Dapat Menurunkan Tekanan Darah?

CakapCakap – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gejala awal dari suatu gangguan kesehatan. Seiring dengan berjalannya waktu, maka kian hadir aneka mitos yang beredar di tengah-tengah masyarakat perihal hipertensi. Salah satu mitos yang mungkin pernah kamu dengar ialah jika air dingin dapat menurunkan tekanan darah. Apa Cakap People setuju dengan anggapan tersebut?

Tekanan darah merupakan suatu tanda atas kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh. apabila terdapat masalah berupa tekanan darah tinggi, maka artinya kamu sedang mengalami gangguan sirkulasi darah dalam tubuh. Entah itu pembuluh darah sedang mengalami penyempitan atau adanya plak yang menumpuk di pembuluh darah. Oleh karena itu, kamu tak boleh menyepelekan tekanan darah tinggi. Sebab, hipertensi bisa memicu terjadinya jenis penyakit tertentu. Bahkan, risiko penyakit seperti jantung dan stroke bisa meningkat akibat hipertensi.

Manfaat minum air dingin via Grid.id

Sebenarnya, belum ada penelitian yang membenarkan jika air dingin mampu menurunkan tekanan darah. Sehingga belum tentu mitos tersebut dibenarkan dalam kacamata medis. Apabila kamu berniat untuk menurunkan tekanan darah, maka bisa terlebih dahulu berkonsultasi pada pakar kesehatan. Namun, kamu bisa mencoba menurunkan tekanan darah dengan melakukan beberapa aktivitas seperti olahraga.

Sebab, olahraga dapat membuat detak jantung jadi meningkat. Alhasil jantung kuat akan kamu dapatkan. Darah yang terpompa pun memerlukan sedikit usaha akibat berolahraga. Selain itu, tekanan di bagian pembuluh arteri juga akan berkurang serta tensi darah juga akan menurun. Kamu dapat melakukan aktivitas fisik secara teratur 3-4 kali dalam satu minggu. Durasi yang disarankan ialah 40 menit. Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat, kamu bisa menaiki tangga, jalan kaki, melakukan beberapa pekerjaan rumah, bersepeda hingga berkebun.

Ragam olahraga ringan via M.metrotvnews.com

Tak hanya itu, kamu juga harus mengubah pola hidup agar lebih sehat. Lakukan kebiasaan positif dan hindari yang negatif. Kebiasaan seperti merokok serta mengonsumsi makanan cepat saji sepertinya tak perlu kamu lakukan. Sebab, merokok bisa memicu tekanan darah untuk naik. Untuk jangka panjangnya, zat kimia yang ada pada rokok bisa memicu tekanan darah naik dan merusak dinding pembuluh darah. Buruknya, arteri akan mengalami penyempitan.

Selain itu, Cakap People juga dianjurkan untuk mengurangi stres. Sebab, agenda stres akan membuat tekanan darah menjadi naik. Nah, jadi sudah terjawab bukan jika tekanan darah tak bisa diturunkan dengan air dingin? Sebab, belum ada penelitian yang membuktikan jika hal tersebut benar. Namun, tekanan darah dapat diturunkan dengan melakukan beberapa aktivitas fisik serta perubahan pada pola hidup.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Waspada! 5 Tanda Kekerasan Emosional Dalam Hubungan Asmara

Beruntung! 5 Mobil Ini Punya Kesempatan Terlahir Kembali, Simak Daftarnya!