in ,

Banyak Mengandung Air, 10 Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas untuk Menghidrasi Tubuh

Apa saja makanan tersebut?

CakapCakapCakap People! Saat cuaca panas, tubuh lebih banyak membutuhkan hidrasi. Salah satu yang  bisa kamu lakukan untuk menghidrasi tubuh yaitu dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung air.

Cuaca panas membuat kondisi udara terasa kering hingga kehilangan sebagian besar cairan tubuh. Jika dibiarkan terus-menerus, tubuh bisa mengalami dehidrasi. Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan dan mempertahankan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Dilansir dari detikHealth, berikut adalah daftar makanan dengan kandungan air yang tinggi yang cocok dikonsumsi saat musim panas untuk menghidrasi tubuh.

1. Selada

Banyak Mengandung Air, 10 Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas untuk Menghidrasi Tubuh
Ilustrasi Selada

Salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung banyak air adalah selada. Selain bermanfaat untuk menghidrasi tubuh selama musim panas, selada juga ampuh untuk meningkatkan kesehatan.

Sayuran hijau ini diperkaya akan 96% mineral, serat, kalium, zinc, serta vitamin K dan A, yang mana kedua vitamin itu berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kamu bisa secara teratur mengonsumsi selada dengan menambahkannya ke dalam makanan, atau disajikan sebagai salad. Selada dipercaya dapat menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan memberikan tambahan nutrisi yang dibutuhkan saat cuaca panas.

2. Air Kelapa

air kelapa
Ilustrasi Air Kelapa

Selain air putih, air kelapa bisa dikonsumsi sebagai alternatif yang baik untuk tubuh agar tetap terhidrasi. Selain diperkaya 95% mineral, air kelapa juga kaya akan senyawa elektrolit, termasuk kalium, natrium, dan klorida.

Kandungan elektrolit dianggap ampuh membantu menghidrasi tubuh dengan cepat, terutama setelah berolahraga atau aktivitas yang melelahkan.Meminum air kelapa terbukti lebih ampuh untuk mengembalikan energi, dibandingkan minuman isotonik kemasan yang justru mengandung banyak gula.

3. Seledri

Banyak Mengandung Air, 10 Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas untuk Menghidrasi Tubuh
Ilustrasi Seledri

Seledri merupakan salah satu makanan rendah kalori dan mampu menghidrasi tubuh. Sebagian besar sayuran ini terbuat dari 95% mineral, serta mengandung serat, protein, vitamin A dan K, asam folat dan kalium.

Banyaknya kandungan baik dalam seledri dapat bermanfaat menjaga tekanan darah tetap stabil dan memberikan efek menyegarkan setelah mengonsumsinya.

4. Semangka

Ilustrasi Semangka

Saat musim panas, semangka menjadi buah favorit yang banyak dicari karena manfaatnya yang dapat menghidrasi. Lantaran kandungan air di dalamnya mencapai 95 persen.

Selain sebagian besar isinya berupa air, buah dengan daging berwarna merah ini juga diperkaya akan vitamin C, A dan B, kalium, potasium dan magnesium.

Mengonsumsi semangka juga baik untuk mengurangi risiko kanker dan stroke karena terdapat antioksidan dan likopen di dalamnya.

5. Mentimun

Banyak Mengandung Air, 10 Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas untuk Menghidrasi Tubuh
Ilustrasi Mentimun

Mentimun merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan air cukup tinggi mencapai 95 persen. Mengonsumsi mentimun dipercaya dapat melindungi tubuh dari dehidrasi dan cuaca panas berlebih karena memiliki sifat pendingin alami yang mampu menyegarkan tubuh.

Adapun nutrisi baik lainnya yang tersimpan di dalamnya seperti vitamin K, potasium dan magnesium.

Dibandingkan dengan sayuran tinggi mineral lainnya, mentimun termasuk yang paling rendah kalori. Sehingga tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang relatif banyak.

6. Zucchini (Timun Jepang)

Zucchini
Ilustrasi Zucchini

Memiliki bentuk serupa dengan mentimun, ternyata zucchini juga mengandung lebih dari 94% air, serat dan vitamin C di dalamnya. Vitamin C berperan penting untuk membantu menjaga kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari sejumlah penyakit.

Apalagi saat musim panas dan udara kering, sering kali membawa berbagai penyakit seperti flu, batuk dan demam. Dengan menambahkan zucchini ke dalam masakan kamu, maka bisa membantu menjaga kesehatan terutama saat musim panas seperti saat ini.

7. Tomat

Tomat
Ilustrasi Buah Tomat

Cakap People! Tomat merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi, vitamin dan antioksidan. Sayuran berwarna merah ini tak hanya dapat menghidrasi tubuh, tapi juga mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Selain diperkaya akan 94% air didalamnya, terdapat pula kandungan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan likopennya pun dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah perkembangan kanker prostat.

8. Kaldu dan Sup

Ilustrasi

Kaldu dan sup biasanya terbuat dari 92% air, sehingga berpotensi besar menghidrasi dan bergizi untuk tubuh. Mengonsumsi makanan ini secara teratur dapat memberikan kontribusi memenuhi kebutuhan air harian.

Selain itu, makanan kaya air seperti kaldu dan sup berpengaruh pada penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah. Kamu bisa meningkatkan kandungan nutrisinya dengan menambahkan banyak sayuran seperti wortel, brokoli, jamur dan tomat.

9. Stroberi

Strawberry
Ilustrasi Stroberi

Buah ini mengandung banyak air mencapai 91% yang bisa membantu kamu tetap terhidrasi dan mempertahankan asupan mineral setiap harinya.

Selain itu, stroberi juga kaya akan serat, vitamin C, folat dan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal penyakit. Mengonsumsi stroberi secara teratur telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari berbagai jenis kanker.

10. Blewah

Banyak Mengandung Air, 10 Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Musim Panas untuk Menghidrasi Tubuh
Ilustrasi Blewah [Foto: Sakurai Midori via Wikipedia]

Mengandung 90% air, blewah termasuk ke dalam salah satu buah yang baik dikonsumsi saat musim panas. Buah sejenis melon ini dinilai sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Selain berisi air di dalamnya, blewah juga mengandung vitamin A yang mana dapat memenuhi kebutuhan air harian, serta meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Kandungan seratnya juga bermanfaat untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Bangun Tidur

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut saat Bangun Tidur

sakit kepala

Wajib Tahu! Ini 5 Tanda Diet yang Kamu Jalani Tidak Sehat