in ,

Bahaya Langsung Minum Pasca Makan! Ternyata Begini Penjelasannya

CakapCakap – Cakap People, pernah kah kamu di ingatkan dengan kata-kata “jangan minum setelah makan” atau “jangan minum sebelum makan”, kenapa ya?

Bagi kamu yang bertanya-tanya tentang kedua pertanyaan itu, coba baca penjelasannya di bawah ini ya Cakap People. Dilansir dari medan.tribun.com yang dikutip dari bobo.grid.id, menurut ahli kesehatan, kamu dianjurkan untuk tidak minum air pada waktu sebelum, saat, dan sesudah makan. Kok bisa, kenapa ya? Mari simak penjelasannya :

Mengganggu Proses Pencernaan

Minum saat makan via travel.tribunnews.com

Kira-kira, tubuh manusia membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk melakukan proses pencernaan makanan yang baru saja dikonsumsi. Makanan yang ditelan akan otomatis menuju ke dalam lambung, kemudian bersarang ke usus besar.

Setelah itu, makanan yang dimakan tadi akan keluar dari sistem pencernaan dalam bentuk kotoran atau biasa disebut dengan feses alias tinja.

Cakap People, minum air sebelum makan dapat berdampak buruk lo bagi tubuh. Ini dikarenakan air dapat mempercepat proses pencernaan, dan makanan pun akan menjadi lebih cepat masuk ke dalam usus besar daripada proses pencernaan seharusnya. Alhasil, nutrisi makanan tak bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh.

Makan Berlebihan

Makan berlebih via ayobandung.com

Kekurangan nutrisi karena proses pencernaan menjadi lebih cepat dari waktu seharusnya dapat menjadikan cepat lapar. Sehingga, mendorong kamu untuk makan dengan porsi yang banyak, bisa juga kamu menjadi ingin makan makanan berat padahal baru saja makan. Kebiasaan makan berlebih ini dapat menyebabkan kegemukan ya Cakap People.

Perut Menjadi Kembung

Perut menjadi kembung via kanalaceh.com

Selain bisa membuat proses pencernaan menjadi lebih cepat. Minum pada waktu makan juga menyebabkan perut menjadi kembung. Alhasil, kamu akan makan lebih sedikit dan bisa menyebabkan kekurangan nutrisi baik ya Cakap People.

Merasa Mual

Perut merasa mual via alodokter.com

Cakap People, minum air tepat setelah kamu makan dapat membuat perut menjadi terasa kenyang. Situasi ini akan menjadi lebih parah, bila kamu makan dengan porsi yang banyak. Bisa jadi kamu merasa mual dan memuntahkan makanan yang baru saja di makan.

Setelah mengetahui akibat dari minum saat makan, pasti Cakap People bertanya-tanya kan, kapan waktu yang tepat untuk minum air saat makan ?. Menurut para ahli, saat makan dianjurkan untuk minum air putih 30 menit setelah dan sesudah makan.

Bagaimana Cakap People, kebiasan minum sebelum, saat, dan sesudah makan kamu ternyata tidak disarankan oleh ahli medis ya. Yuk, coba saran baik ini!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Jangan Panik Saat Mobil Terendam Banjir, Ini yang Harus Dilakukan!

Malas Olahraga? Sebaiknya Jangan Kerja di Perusahaan Cina Ini