in ,

Bahan Makanan Ini Pas Banget untuk Mendongkrak Kekebalan Tubuh

Mereka yang menyadari arti penting kesehatan cenderung menolak mengkonsumsi obat. Segala jenis obat pasti akan mereka tolak. Mungkin kamu tidak tahu, gaes, semua obat-obatan farmasi membuat tubuh kamu bekerja berat, terutama organ seperti ginjal, karena pada dasarnya merupakan ‘racun’ atau mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Nah, menyadari risiko yang dihasilkan oleh obat-obatan, akan lebih baik jika kamu mengambil langkah preventif agar terhindar dari penyakit. Apa itu? Ya, tak lain adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh kamu.

Tapi, bagaimana caranya, gaes? Salah satu yang paling praktis adalah dengan memperhatikan menu yang kamu makan. FYI, ada sejumlah makanan atau bahan makanan dan buah yang punya peran besar dalam mendongkrak kekebalan tubuh manusia dari penyakit. Buat kamu yang memang concern dengan hal ini, usaha kamu bakal diperingan oleh bahan-bahan makanan berikut. Segera catat, ya.

Bayam

Bayam via https://draxe.com/wp-content/uploads/2015/02/spinach-in-a-bowl.jpg

Kartun Popeye the Sailorman bukan sembarang kartun, lho. Karakter ini digambarkan menjadi kuat dan perkasa setelah makan bayam. Benar sekali, gaes. Bayam memang tampak sepele, hanya berupa sayuran hijau tipis dan sangat lembut setelah dimasak. Tapi, jangan salah, ya. Bayam kaya banget akan zat besi, folat, serat, antioksidan dan vitamin C! Ingin segar dan tubuh kuat? Contoh lah Popeye.

Kunyit

Bahan makanan yang satu ini sangat gampang ditemui di masakan India. Ya, dapat dikatakan kalau orang India sangat identik dengan keberadaan kunyit. Hampir tidak ada makanan enak India yang tidak disentuh oleh kunyit yang notabene sangat kaya akan antioksidan. Maka dari itu, gaes, orang India jarang banget yang terkena penyakit ringan ataupun berat. Salah satunya ya karena keberadaan kunyit di menu mereka.

Bawang putih

Bawang putih via https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/AN_images/AN540-garlic-cutting-board-732×549-Thumb.jpg

Tidak ada makanan yang bisa menjadi gurih dan menggoda tanpa keberadaan bawang putih. Kamu bisa bayangkan memakan nasi goreng tanpa bawang putih? Pasti sangat aneh rasanya. Fakta bahwa nasi goreng merupakan menu favorit Nusantara menjadi salah satu penjelasan mengapa rata-rata orang Indonesia tubuhnya sehat dan sulit diserang segala bentuk bioterorisme seperti flu burung dan flu babi. Maklum, gaes, ternyata bawang putih kaya selenium yang perannya besar banget dalam mendongkrak sistem kekebalan tubuh manusia.

Kenari

Ingin cara paling murah, gampang dan enak untuk mengusir infeksi dan bakteri? Makan kenari saja. Mungkin kamu belum tahu, gaes, kacang kenari kaya banget antioksidan dan vitamin E. Tak hanya sistem imunitas kamu membaik, kenari juga bisa membuat kamu tampil lebih awet muda, lho. Dan, semuanya bisa kamu capai hanya dengan mengkonsumsi segenggam kenari. Kamu bisa mengkonsumsinya secara bebas sebagai camilan, atau memasukkannya dalam resep kue atau sayuran, lho. Enak, to.

Yogurt

Keberadaan probiotik, terlepas dari berbagai bentuk iklan dan kampanye yang didengungkan, sangat baik untuk kesehatan tubuh. Secara alami, probiotik dapat dengan mudah ditemukan di yogurt. FYI, yogurt tidak hanya merupakan teman sarapan atau makan salad yang sempurna, lho, tapi juga merupakan pereda demam yang paling efektif. Sudah enak, menyehatkan pula.

Brokoli

Brokoli via https://www.cookforyourlife.org/wp-content/uploads/2015/08/shutterstock_294838064-min.jpg

Perlu kamu ketahui, brokoli bagus banget untuk sistem imunitas tubuh manusia. Ini tak lain karena dalam brokoli terdapat vitamin A dan vitamin C dalam jumlah cukup tinggi selain antioksidan yang oleh para kimiawan disebut sebagai glutathione. So, jangan pernah menolak kehadiran brokoli dalam berbagai olahan sayur dan menu yang disajikan ibu atau pasangan kamu. Itu tandanya mereka peduli banget dengan kesehatan kamu, bro.

Sup ayam

Ya, benar. Sup ayam bisa mendongkrak kekebalan tubuh kamu. Jangan pernah meremehkan kehandalan menu rumahan ini, gaes. Sudah banyak riset yang dilakukan terhadap sup ayam, dan terbukti bahwa menu ini punya peran besar dalam membuat tubuh kamu tetap bugar dan sehat. Nah, kalau perubahan cuaca atau rasa lelah mendera tubuh kamu, segera siapkan semangkuk sup ayam. Dijamin, badan terasa lebih segar bugar, bro.****

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Bocah Ini Harus Belajar Masak di Usia 5 Tahun, Alasannya Mengharukan

Mau Liburan Seru ke Luar Negeri? Pilihan Destinasi Ini Menarik Buat Dikunjungi