in

Alami Masalah Pendengaran Saat di Pesawat? Tips Ini Akan Membantumu

Sekarang ini naik pesawat merupakan suatu hal yang sudah biasa. Sebab pesawat sudah menjadi salah satu transportasi umum yang dapat digunakan di berbagai kesempatan. Namun naik pesawat ternyata juga memberikan sensasi tersendiri lho bagi para penumpangnya. Jika kamu rasakan, apa pernah telinga kamu seperti terasa aneh atau berkurang pendengarannya? Hal ini umumnya terjadi di kala pesawat sudah mulai lepas landas.

Mengalami masalah pendengaran saat pesawat lepas landas atau mendarat via airmagz.com

Rasa sakit di telinga saat menaiki pesawat ini disebut dengan istilah aeroplane air yang mana bisa terjadi akibat adanya tekanan udara berbeda pada ketinggian yang berbeda pula. Sama halnya dengan ketika pesawat akan mendarat, maka tekanan udara yang berada di sekitar kamu akan mengalami perubahaan juga. Telinga kamu akan mencoba untuk beradaptasi yang selanjutnya menyebabkan rasa yang tak nyaman. Lalu bagaimana caranya untuk mengurangi sensasi telinga meletup seperti ini?

Gerakan mengunyah

Gerakan mengunyah via lifestyle.okezone.com

Ketika kamu melakukan gerakan mengunyah, maka rahang akan bergerak dengan cara yang konstan sehingga dapat membantu untuk membuat rasa tak nyaman pada telinga hilang. Kamu dapat membawa permen karet untuk melakukan gerakan mengunyah tersebut.

Menjaga keadaan tubuh

Menjaga kesehatan tubuh via virtual.co.id

Tubuh yang kuat dan sehat maka tak akan mudah terkena infeksi maupun virus, sehingga kamu tak dianjurkan untuk melakukan perjalanan udara saat tubuh dalam kondisi yang tak sehat. Terlebih jika kamu sedang terserang oleh infeksi sinus, hidung ataupun telinga, maka sebaiknya tunda agenda perjalanan udaramu.

Tapi kalau memang perjalanan itu cukup penting dan kamu harus melakukannya, maka akan lebih baik jika konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Jika diperlukan mintalah obat yang memiliki kandungan dekongestan guna meminimkan rasa sakit pada telinga kamu.

Pilih headphone dengan model over-ear

Menggunakan headphone over ear via foundedusa.com

Menempuh jalur udara yang terlalu lama tentu akan memunculkan titik kejenuhan, oleh sebab itu mendengarkan musik merupakan salah satu aktivitas yang dapat mengurangi rasa jenuh tersebut. Kamu dapat menggunakan headphone agar lebih fokus dalam mendengarkan musik di pesawat, namun hindari untuk memilih jenis earphone yang in-ear sebab dapat mencegah telinga kamu untuk beradaptasi dengan tekanan udara yang ada di pesawat.

Penggunaan model in-ear juga akan membuat proses pembentukan lapisan lilin pada telinga mengalami gangguan, oleh karena itu kamu disarankan untuk menggunakan headphone dengan model over-ear. 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Lebaran Sebentar Lagi, Pastikan Dompetmu Aman dengan Cara Ini Ladies!

Terselubung! Jahe Menyimpan Deretan Rahasia Sehat dan Kecantikan