in ,

Ahli Perang Biologis Israel Ini Duga Virus Corona Adalah Senjata Biologis Rahasia China

“Pengerjaan senjata biologis dilakukan sebagai bagian dari penelitian ganda sipil-militer dan jelas terselubung,” ungkapnya melalui surat elektronik.

CakapCakapCakap People! Virus corona yang telah menewaskan puluhan orang dan menginfeksi ribuan orang ini diduga merupakan bagian dari senjata biologis China yang tengah dipersiapkan di laboratorium yang terhubung dengan program Bio-Warfare (BW)

The Washington Times melaporkan, Jumat, 24 Januari 2020, epidemi virus hewan mematikan yang menyebar secara global itu mungkin berasal dari laboratorium Wuhan yang terkait dengan program senjata biologi rahasia China, menurut seorang ahli perang biologis Israel, Dany Shoham.

Pekerja medis merawat seorang pasien di rumah sakit Zhongnan di Wuhan. Foto: Media Xinhua / Barcroft

Radio Free Asia pekan ini menyiarkan ulang laporan televisi lokal Wuhan pada 2015 yang menunjukkan laboratorium penelitian virus paling maju di China yang dikenal dengan Institut Virologi Wuhan.

Laboratorium adalah satu-satunya situs yang dinyatakan di China yang mampu bekerja dengan virus mematikan.

Dany Shoham, mantan perwira intelijen militer Israel yang telah mempelajari perang bio China, mengatakan bahwa institut ini terkait dengan program senjata biologi rahasia Beijing.

“Laboratorium tertentu di institut ini mungkin telah terlibat, dalam hal penelitian dan pengembangan, dalam [senjata biologis] China, setidaknya sebagai penjamin, bukan sebagai fasilitas utama penyelarasan bio-warfare Cina,” kata Shoham seperti dilaporkan The Washington Times, Jumat, 24 Januari 2020.

“Pengerjaan senjata biologis dilakukan sebagai bagian dari penelitian ganda sipil-militer dan jelas terselubung,” ungkapnya melalui surat elektronik.

Orang-orang memakai masker pelindung berjalan di luar Kota Terlarang yang tertutup bagi pengunjung karena masalah penularan virus corona baru, di Beijing, Cina 25 Januari 2020 | Foto: REUTERS

Shoham meraih gelar doktor dalam bidang mikrobiologi medis. Dari 1970 hingga 1991 dia berperan sebagai analis senior intelijen militer Israel untuk perang biologi dan kimia di Timur Tengah dan di seluruh dunia, memegang pangkat letnan kolonel.

China pada masa lalu membantah memiliki senjata biologis ofensif. Departemen Luar Negeri AS, dalam sebuah laporan tahun lalu, mengatakan mereka mencurigai China telah terlibat dalam pekerjaan perang biologis terselubung.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar China tidak mengembalikan email untuk meminta komentar.

Pihak berwenang China sejauh ini mengatakan bahwa asal-usul Coronavirus yang telah membunuh banyak orang dan menginfeksi ratusan di pusat pemerintahan Provinsi Hubei tidak diketahui.

Gao Fu, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, mengatakan kepada media bahwa tanda-tanda awal mengindikasikan virus tersebut berasal dari hewan liar yang dijual di pasar makanan laut di Wuhan.

Institut Wuhan telah mempelajari virus corona di masa lalu, termasuk jenis yang menyebabkan Sindrom Pernafasan Akut Parah, atau SARS, virus influenza H5N1, ensefalitis Jepang, dan demam berdarah. Para peneliti di institut itu juga mempelajari kuman yang menyebabkan antraks — agen biologis yang pernah dikembangkan di Rusia.

Dalam sebuah artikel pada bulan Juli di jurnal Institute for Defense Studies and Analysis, Shoham mengatakan bahwa institut Wuhan adalah satu dari empat laboratorium Tiongkok yang terlibat dalam beberapa aspek pengembangan senjata biologis.

Dia mengidentifikasi Wuhan National Biosafety Laboratory yang aman di institut itu sebagai yang terlibat dalam penelitian tentang virus demam berdarah Ebola, Nipah, dan Kongo.

Foto: thesun.co.uk

Institut virologi Wuhan berada di bawah Chinese Academy of Sciences. Tetapi laboratorium tertentu di dalamnya “memiliki hubungan dengan elemen-elemen yang terkait dengan PLA atau BW dalam pembentukan pertahanan Tiongkok,” katanya.

Pada tahun 1993, China mendeklarasikan fasilitas kedua, Institut Produk Biologi Wuhan, sebagai salah satu dari delapan fasilitas penelitian perang biologis yang dicakup oleh Konvensi Senjata Biologis (BWC) yang diikuti China pada tahun 1985.

Institut Produk Biologi Wuhan adalah fasilitas sipil tetapi terkait dengan pendirian pertahanan Tiongkok, dan telah dianggap terlibat dalam program BW (Bio-Warfare) China, kata Shoham.

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Olahraga Air untuk Penurunan Berat Badan, Cobain Yuk!

Sutradara Pemenang Oscar Ini Resmi Bakal Garap Film Live-Action Pinocchio