in

Agar Ubin Kamar Mandi Lebih Mudah Dibersihkan, Manfaatkan 5 Bahan Berikut

Bahan-bahan alami seperti cuka dan baking soda seringkali dijadikan primadona untuk membersihkan kamar mandi serta dapur

CakapCakap – Cakap People, bukan hal yang mudah untuk membersihkan ubin kamar mandi yang licin dan berkerak. Kendati sudah disikat sedemikian rupa, terkadang noda serta kotoran yang menempel sulit dibasmi.

Hal tersebut lantas mengurangi keindahan tampilan dari ubin dan kamar mandi. Tetapi kamu bisa mengandalkan 5 bahan ini untuk membersihkan ubin kamar mandi dari kerak. Catat daftarnya.

1. Baking soda

Bahan alami yang banyak digunakan. Gambar via tokowahab.com

Baking soda atau soda kue merupakan produk alami yang jadi salah satu bintang pembersih dapur dan kamar mandi. Bahan ini juga dapat menghilangkan bau.

2. Cuka

Memiliki sifat anti-bakteri. Gambar via bisnis.com

Punya cuka di rumah? Maka kamu bisa mengandalkan bahan satu ini untuk membersihkan ubin. Cuka dapat menghilangkan noda kerak di ubin sekaligus mempunyai sifat anti-bakteri.

Untuk noda yang membandel, kamu dapat membasahi sabut besi memakai cuka, lalu gosok ubin kamar mandi. Sedangkan untuk sudut yang sulit digapai maka kamu bisa memanfaatkan sikat bulu maupun sikat gigi. Mudah bukan?

3. Uap

Manfaatkan uap air panas. Gambar via dakwahmanhajsalaf.com

Pasca mandi dengan air panas, kamu bisa menggunakan uap yang berada di kamar mandi. Seka ubin memakai cuka atau alkohol pada kain. Lalu seka lagi memakai kain yang bersih dan kering.

4. Perpaduan soda kue dan cuka

Campurkan baking soda dan cuka. Gambar via okezone.com

Kawinkan dua bahan pembersih ini agar ubin kamar mandi tampak lebih bersih berkilau. Sediakan bahan-bahan seperti setengah liter air, setengah cangkir soda kue, setengah cangkir cuka, serta 1 kain lembap dan satu lagi kain kering.

Letakkan perpaduan bahan ini di wadah plastik yang terbuka, misalnya ember. Hindari dimasukkan ke dalam botol karena bisa meledak. Kemudian oleskan campuran bahan itu secara bertahap di ubin dan diamkan selama 15 menit. Hapus campuran memakai kain lembap lalu bersihkan dengan kain kering.

5. Hidrogen peroksida

Efektif membersihkan jamur di kamar mandi. Gambar via alodokter.com

Bahan ini dapat membantu membersihkan jamur di ubin kamar mandi dengan efisien. Kamu hanya memerlukan benda pendukung seperti sikat gigi atau bulu, selembar kain, dan botol semprot.

Kemudian masukkan hidrogen peroksida ke dalam botol semprot lalu aplikasikan ke ubin serta grouting di kamar mandi. Tunggu selama 15 menit lalu gosok ubin memakai sikat. Kamu bisa menghilangkan residu memakai kain kering atau dibilas menggunakan air.

Nah, itulah beberapa bahan yang bisa Cakap People gunakan untuk membuat ubin di kamar mandi jadi berkilau kembali.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Relawan Pemakaman Korban COVID-19 di Malaysia Berjuang Saat Kasus Melonjak

Ini loh 5 Tanda Gula Darah Melonjak Tajam, Akibatnya bisa Fatal