in ,

8 Orang Tewas dan Lainnya Terluka di Festival Musik Astroworld; Dihadiri Sekitar 50.000 Penggemar

Pemadam kebakaran mengangkut 17 orang ke rumah sakit, dan 11 di antaranya mengalami serangan jantung.

CakapCakapCakap People! Sedikitnya delapan orang tewas dan banyak lainnya terluka dalam kecelakaan pada malam pembukaan festival musik Astroworld Houston yang dipicu oleh gelombang penggemar yang mendorong ke arah panggung, kata para pejabat, Sabtu, 6 November 2021.

Kepala Pemadam Kebakaran Houston Samuel Peña mengkonfirmasi jumlah korban dari musibah tersebut pada Jumat malam pada konferensi pers Sabtu pagi di luar NRG Park. Tiket yang terjual habis dengan sekitar 50.000 orang menghadiri hari pertama festival yang menampilkan rapper Travis Scott, Reuters melaporkan, Sabtu, 6 November 2021.

Sekitar pukul 21.00, kerumunan yang berkumpul untuk penampilan Scott mulai mendorong ke depan panggung, menyebabkan kepanikan dan cedera.

Orang-orang mulai jatuh pingsan, dan kekacauan meningkat hingga pukul 21.38 ketika “insiden korban massal” dipicu, kata Peña.

Ambulans terlihat di antara kerumunan selama festival musik Astroworld di Houston, Texas, AS, Jumat, 5 November 2021 dalam gambar diam yang diperoleh dari video media sosial pada Sabtu, 6 November 2021. [Courtesy of Twitter @ONACASELLA /via REUTERS]

“Itu terjadi sekaligus. Sepertinya baru saja terjadi … hanya dalam beberapa menit,” kata Asisten Kepala Eksekutif Polisi Houston, Larry Satterwhite.

“Tiba-tiba ada beberapa orang yang terjatuh, mengalami beberapa jenis serangan jantung atau beberapa jenis episode medis,” tambahnya.

Pemadam kebakaran mengangkut 17 orang ke rumah sakit, dan 11 di antaranya mengalami serangan jantung.

“Rasanya seperti kami berada di konser di neraka, Anda tidak bisa bernapas, Anda tidak bisa melihat,” kata seorang penonton konser dengan akun Twitter @officialshaane dalam sebuah video yang diposting di Twitter.

Belum jelas apa yang menyebabkan bencana itu. Sebuah penyelidikan sedang berlangsung.

“Saya pikir sangat penting bahwa tidak ada dari kita yang berspekulasi. Tidak ada yang memiliki semua jawaban malam ini,” kata Kepala Polisi Houston Troy Finner. “Jika Anda tidak memiliki fakta, jika Anda tidak memiliki bukti, saya tidak akan menentangnya. Kita telah menyakiti keluarga di sini.”

Finner menambahkan bahwa penyelenggara dan Scott sama-sama bekerja sama dengan polisi.

“Kami fokus untuk mendukung pejabat lokal bagaimanapun kami bisa …,” kata Astroworld Fest dalam pesan Twitter, menambahkan bahwa hari kedua festival itu dibatalkan.

Pihak berwenang “sedang menyelidiki serangkaian serangan jantung yang terjadi. Jika Anda memiliki informasi yang relevan tentang ini, silakan hubungi @houstonpolice,” kata pernyataan Twitter.

Live Nation, penyelenggara acara, tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Lampu ambulans terlihat di kerumunan selama festival musik Astroworld di Houston, Texas, AS, 5 November 2021 dalam gambar diam ini diperoleh dari video media sosial pada 6 November 2021. [Courtesy of Twitter @ONACASELLA /via REUTERS]

FESTIVAL DIHADIRI SEKITAR 50.000 ORANG

Scott berhenti beberapa kali selama penampilannya selama 75 menit ketika dia melihat para penggemar dalam kesulitan di dekat bagian depan panggung, menurut laporan Houston Chronicle. Dia meminta pihak keamanan untuk memastikan mereka aman dan membantu mereka keluar dari kerumunan. Kendaraan darurat, lampu dan alarm berkedip, menerobos kerumunan beberapa kali.

Pemadam kebakaran mengatakan di Twitter bahwa pusat reunifikasi telah didirikan untuk keluarga yang belum mendengar kabar dari orang-orang terkasih di festival tersebut.

Kerumunan 50.000 orang muncul untuk acara dua hari itu, kata Peña.

Klip video dari peristiwa itu telah dibagikan di media sosial pada Sabtu pagi.

Seorang pria melompat ke ambulans yang berdiri di tengah kerumunan selama festival musik Astroworld di Houston, Texas, AS, 5 November 2021 dalam gambar diam yang diperoleh dari video media sosial pada 6 November 2021. [Courtesy of Twitter @ONACASELLA /via REUTERS]

Dalam satu video, ambulans terlihat berhenti bahkan ketika kerumunan terus mengayunkan tangan mereka mengikuti musik. Di foto lain, Scott terlihat menghentikan konser dan berbicara kepada penonton sambil mengacungkan tinjunya.

Video ketiga, yang tidak dapat segera diverifikasi oleh Reuters sebagai video otentik, menunjukkan personel polisi melakukan CPR pada beberapa orang bahkan ketika musik menggelegar di latar belakang.

“(Ini) jelas merupakan malam yang sangat sangat tragis. Hati kami hancur,” Hakim Harris County Lina Hidalgo. Harris County termasuk Houston, kota terbesar di Texas.

“Namun fokus malam ini harus pada keluarga dan nyawa yang telah hilang dari kami. Banyak dari mereka sangat muda, sangat muda,” tambah Hidalgo, pejabat tinggi terpilih di daerah itu, pada briefing.

Beberapa korban berusia 10 tahun, katanya, tanpa merinci apakah anak-anak itu terbunuh atau terluka.

Scott yang lahir di Houston menjadi terkenal di awal 2010-an karena gaya vokalnya yang unik. Astroworld juga merupakan nama album studio ketiganya yang dirilis pada 2018 yang mendapat pujian kritis.

Scott dan Kylie Jenner, dari keluarga Kardashian yang terkenal, memiliki seorang putri.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ilmuwan Ungkapkan Bahan Bakar Pesawat Bisa Dibuat dari ‘Sinar Matahari dan Udara’

Indonesia Sudah Berikan Lebih dari 200 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Kepada Masyarakat