in

6 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Bertahan Berhenti Merokok

Buat Cakap People yang sukses berhenti merokok, pastinya ada kebanggan bisa lepas dari kecanduan asap rokok di setiap kesempatan. Tapi tentu kalo nggak konsisten, bisa jadi balik menjadi perokok aktif karena pengaruh lingkungan dan kurangnya dukungan dan motivasi diri sendiri.

Berhenti Merokok via Tribun News.

Sebelum hal ini benar-benar terjadi dan perjuanganmu untuk berhenti merokok menjadi sia-sia, beberapa tips berikut ini bisa bikin kamu tetep konsisten berhenti rokok selamanya meski dalam kondisi apa pun.

1. Pahami kenapa ingin merokok lagi

Kebanyakan perokok menjadikan rokok sebagai solusi terhadap kondisi tertentu, seperti stress, tuntutan pekerjaan, dan lainnya. Kalo dari awal kamu udah mengaitkan rokok terhadap aktifitas tertentu dan kondisi tertentu berarti kamu harus mencari solusi dari permasalahan awal sehingga rokok bukan lagi jadi solusi utamanya.

Kalo bilang rokok adalah solusi untuk mengatasi stress, ternyata banyak mantan perokok merasa lebih bahagia dibanding saat menjadi perokok aktif. Kalo alasan untuk merokok ini udah teratasi, berarti pas kamu sedang stress maka rokok bukan lagi jadi solusinya.

2. Ingat hal yang bikin kamu berhenti

Keinginan merokok bisa muncul kapan pun dan dimanapun. Bisa karena melihat rekan-rekan di sekitar perokok aktif, atau kangen sama ketenangan yang pernah dirasakan saat merokok. Kalo udah begini, kamu harus ingat lagi alasan kenapa kamu bisa benar-benar berhenti. Misalnya karena udah punya anak, atau karena pernah sakit dan akhirnya bisa benar-benar nggak merokok selama beberapa waktu.

Mengingat hal-hal baik yang bikin kamu berhenti merokok dulu, bisa jadi peredam nafsu untuk menghisap sebatang rokok lagi. Kamu bisa menuliskan daftar alasan kenapa dulu ingin berhenti merokok dan akhirnya berhasil. Jadi kalo kamu mulai tergoda, bisa melihat daftar ini lagi sebagai self reminder.

3. Cari tahu pemicu

Banyak orang melakukan aktifitas merokok di saat-saat tertentu seperti sehabis makan, sebelum tidur, atau saat istirahat siang sambil ngobrol dengan teman-teman. Jika memang ini juga kamu alami maka kamu harus menghindari momen ini sebisa mungkin.

Sibukkan diri setelah makan biar nggak kepikiran untuk merokok. Hindari juga perokok aktif di sekitar untuk beberapa waktu karena bau rokok memang sangat menggiurkan di hidung mantan perokok untuk mencicipinya kembali.

4. Jangan biarkan diri sendiri dan menganggur

Selain menghindari momen-momen kebiasaan merokok di waktu tertentu, kamu juga bisa melakukan hobi baru yang bisa menghilangkan pikiranmu dari rokok. Cobalah berolah raga pagi, bermain game, nonton, atau aktifitas yang bikin kamu nggak bengong dan kepikiran untuk merokok di sela waktunya. Kamu juga bisa memakan permen karet untuk membuat kebiasaan bibir melakukan aktifitas lain.

5. Sering sikat gigi

Kalo biasanya mulut bau rokok dan membuat otak terus merespon bau ini sebagai aktifitas merokok aktif, kamu bisa menghilangkan bau ini dengan sering menyikat gigi. Dengan mulut yang segar dan gigi yang bersih tanpa nikotin, maka aroma rokok akan hilang dan kamu nggak akan kepikiran lagi untuk merokok.

6. Hadiah untuk keberhasilan

Hargai diri sendiri yang udah mencoba sekuat tenaga untuk berhenti merokok dengan hadiah. Anggap uang untuk membeli rokok setiap hari tetap dikeluarkan tapi kamu tabung selama sebulan. Uangnya bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan, membeli barang yang kamu suka, atau membiarkannya di dalam saldo bank hingga kamu kaget dengan nominalnya setelah beberapa bulan. Kamu akan merasa bahwa keberhasilanmu menahan nafsu untuk merokok sebanding dengan hadiah yang kamu dapatkan. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Fenomena Suara Kosong Merajai Pilkada Kota Makassar

Polidipsia, Tetap Haus Meski Udah Minum Banyak