in ,

5 Tanaman Ini Sekilas Biasa Tapi Mematikan, Satunya Ada di Indonesia

Flora dan fauna merupakan salah satu komponen yang melengkapi dunia ini. Mereka pun memegang peranan penting dalam hal ekosistem di Bumi. Aneka pohon yang kita temui dalam kehidupan ini pun tak bisa luput perannya dari pandangan, sebab ketika pohon-pohon sudah mulai gundul maka kita wajib menanaminya kembali dengan bibit-bibit baru. Tanpa pohon maka akan terjadi aneka macam bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Tetapi dalam dunia biologi tersedia beranekaragam jenis pohon, mulai dari pohon yang beracun hingga pohon yang memiliki batang dan akar yang besar. Mungkin kamu merupakan salah satu orang yang kurang familiar dengan jenis pohon beracun, jika demikian berikut jenis pohon beracun yang wajib kamu ketahui.

Tanaman Gympie-Gympie

Tanaman gympie gympie via asliindonesia.net

Berikut ini mrupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh tinggi sampai 1-2 meter serta biasanya ditemukan dengan mudah di area hutan hujan timur laut Maluku Indonesia serta Australia. Tanaman ini digadang-gadang sebagai salah satu tanaman yang palung beracun di penjuru dunia. Bahkan sengatannya dapat membunuh manusia hingga hewan seperti kuda serta anjing.

Pohon English Yew

Pohon English Yew via ayuninda1003.blogspot.co.id

Pohon ini dikenal pula sebagai nama Cemara Inggris atau taxus baccata yang merupakan jenis pohon mematikan yang ada di muka bumi. Pohon tersebut memiliki ciri-ciri yang rimbun serta hijau dan biasanya ditemukan di kawasan Eropa. Para ilmuwan menuturkan jika pohon ini memiliki seluruh bagian yang mengandung racun.

Racun utama yang ada di pohon ini berupa taxine atau taxane yang mempunyai rumus molekul berupa C20H36. Taxine sendiri termasuk dalam alkaloid yang dapat menyebabkan risiko penyakit serangan jantung. Reaski dari racunnya pun cukup cepat dan hingga sekarang ini belum ada penawarnya.

Pohon Cerbera Odollam

Pohon Cerbera Odollam via youtube.com

Pohon ini asalnya dari India serta kawasan Asia Selatan. Tempat hidupnya biasa di dekat pesisir pantai namun ada pula yang menjadikannya sebagai tanaman hias. Pohon ini mempunyai racun yang snagat kuat, sehingga jika digunakan untuk bunuh diri maka dapat langsung membunuh orang yang bersangkutan. Sedangkan jika dikonsumsi baik bagian daun, buah biji hingga getahnya dapat menimbulkan gangguan pada organ jantung yang berujung kepada kematian.

Pohon Manchineel

Pohon Manchineel via lewatmana.com

Pohon yang satu ini biasanya banyak ditemukan di sekitar area tropis, seperti Amerika Tengah, Amerika Utara bagian selatan, Karibia, hingga Amerika Selatan bagian utara. Apabila seseorang terkena asap dari kayu pohon Manchineel yang dibakar maka mata orang tersebut dapat terasa perih hingga mengalami infeksi yang kronis, bahkan bisa smapai menuju ke kebutaan permanen. Getah pohon ini juga memiliki kandungan racun yang disebut-sebut berasal dari phorbol, yang merupakan jenis senyawa organik yang dapat larut di dalam air.

Jika kamu menemukan pohon ini, maka jangan sekali-kali berteduh di bawahnya saat hujan. Sebab tetesan air hujan tersebut mampu membawa getah pohon yang dapat membakar kulit kamu, kulit kamu pun dapat melepuh karenanya.

Pohon Strychnine

Pohon Strychnine via yukepo.com

Pohon berikut mempunyai biji yang cukup mematikan akibat terdapat kandungan racun bernama Strychnine yang sama dengan nama pohonnya. Sepertinya opini tentang bijinya yang beracun pun cukup dibenarkan. Pasalnya, terbukti melalui kisah Ratu Cleopatra yang menyuruh bawahannya untuk bunuh diri dengan mengkonsumsi biji dari pohon Strychnine. Ia memerintahkan bawahannya untuk mengkonsumsi jenis biji tersebut lantaran untuk membuktikan akankah dengan mengkonsumsi biji tersebut dapat menjadi cara terbaik untuk bunuh diri.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wisata Limbong Lopi Hanya Untuk Kamu yang Bernyali Besar

Panas Gara-gara Digosipin? Big No, Cukup Lakukan 4 Hal Ini!