in ,

5 Sebab Batu Ginjal yang Harus Dipahami, Jangan Sampai Terlambat!

Batu ginjal jadi penyakit yang tak bisa diremehkan

CakapCakap – Batu ginjal merupakan salah satu gangguan yang tidak boleh diremehkan. Penyakit yang satu ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang sebaiknya Cakap People waspadai dari awal.

Lantas apa saja sih penyebab batu ginjal yang sebaiknya diwaspadai? Simak yuk ulasannya di sini!

1. Suplemen

Ilustrasi beragam suplemen dalam bentuk skapsul dan kaplet via ezeepoints.id

Penyebab batu ginjal yang pertama adala penggunaan suplemen. Kamu harus tahu jika konsumsi vitamin C tanpa diiringi dengan asupan air yang cukup sebagai pelarut maka vitamin tersebut akan mengendap dalam bentuk asam oksalat yang memiliki kaitan dengan kalsium sekaligus pembentukan batu kalsium oksalat.

2. Infeksi ginjal

Ilustrasi infeksi ginjal via hellosehat.com

Penyebab yang kedua adalah adanya infeksi ginjal. Saat kamu mengalami infeksi ginjal maka  batu struvit akan terbentuk di dalam ginjal. Jenis batu ini akan terbentuk saat terjadinya peningkatan keasaman air kemih serta amonia yang berakibat pada kelarutan fosfat berkurang.

3. Batu sistin

Ilustrasi sakit di bagian pinggang saat ada masalah dengan ginjal via halodoc.com

Ada juga batu sistin yang bisa terbentuk karena kelarutan asam amino yang rendah. Kelarutan ini bisa semakin kecil jika keasaman air kemih lebih rendah. Adapun kadar sistin yang tinggi akan mengendap hingga membentuk kristal yang menjadi penyebab terjadinya gangguan batu ginjal.

4. Makanan asin

Aneka makanan asin via hellosehat.com

Kamu harus tahu jika meskipun enak namun makanan asin bisa menjadi penyebab batu ginjal lho! Hal ini bisa terjadi karena kadar sodium yang meningkat di dalam urine hingga berakibat pada terbentuknya material keras seperti batu di bagian saluran kemih.

5. Minuman

Soft drink via parenting.firstcry.com

Meski bermanfaat bagi kesehatan, namun teh hitam juga bisa mengundang resiko saat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain teh hitam, kamu juga sebaiknya membatasi konsumsi koktail, bir hitam, kopi instan, susu cokelat ataupun minuman bersoda.

Selain beberapa penyebab di atas, mereka yang memiliki riwayat batu ginjal juga beresiko mengalami gangguan kesehatan yang satu ini.

Untuk menghindari batu ginjal sendiri kamu bisa memulai hidup yang lebih sehat serta menjauhi beragam faktor yang meningkatkan resiko terjadinya gangguan yang satu ini. Selain itu, pastikan Cakap People mencegah kondisi berat badan berlebih alias obesitas ya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Populasi Penduduk Dunia Mencapai 9,7 Miliar Orang pada Tahun 2050

Inilah Satu-Satunya Alasan Kenapa Burger Buatan Sendiri Tak Seenak Buatan Restoran