in ,

5 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Gigi Kuning, Segera Hentikan!

Gigi kuning hanya akan merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri

CakapCakap – Kepercayaan diri dapat didukung dari banyak hal, salah satunya adalah gigi yang putih bersih. Benar demikian Cakap People? Dengan gigi yang putih, senyummu akan semakin cerah dan memesona. Maka tak mengherankan bila banyak orang yang pergi ke dokter untuk memutihkan gigi mereka.

Dalam hal ini ada baiknya jika kamu mengetahui 5 kebiasaan yang sering membuat gigi milikmu berwarna kuning.

Gemar menggigit kuku

Ilustrasi kebiasaan menggigit kuku via liputan6.com

Deepak Aulak, praktisi kesehatan gigi di London menjelaskan bahwa kebiasaan ini bisa membuat gigi bergesek dan mengikis permukaan enamel.

“Karena enamel gigi tidak bisa tumbuh lagi secara alami, kami ingin mempertahankan sebanyak mungkin fungsi dan estetika gigi,” kata Aulak, dikutip dari CNN Indonesia.

Mengonsumsi makanan ‘berwarna’

Ilustrasi deteksi warna gigi via vix.com

Pada beberapa macam makanan berwarna, warna tersebut dapat tertinggal pada gigi yang membuat gigi menjadi rusak.

“Secara alami gigi Anda bisa melindungi dirinya sendiri, tetapi dengan lebih banyak bahan kimia dan pewarna makanan maka risiko plak dan bakteri menempel di sela gigi semakin besar, ini bisa menjebak pigmen warna di gigi,” kata Aulak.

Untuk menghindari hal itu, kamu bisa minum air putih saat makan. Jangan lupa juga untuk menyikat gigi terutama pada malam hari.

Jarang menggunakan floss

Ilustrasi melakukan flossing via merdeka.com

Untuk menghilangkan kotoran di sela gigi, penggunaan floss memang sangat efektif. Hal itu memang benar adanya, maka dari itu mulailah menggunakan floss atau untuk membersihkan kotoran-kotoran pada gigi.

“Floss menghilangkan plak di antara gigi di mana sikat gigi tak mampu menjangkau,” jelas dokter gigi, Jerome Sebah.

Minum minuman tertentu

Ilustrasi teh dan kopi via tribunnews.com

Di antara banyak jenis minuman yang ada, minuman seperti wine, teh, dan kopi bisa membuat gigi berwarna kuning jika dikonsumsi terlalu sering. Minum minuman bersoda juga menjadi penyebab gigi berwarna kuning.

“Teh, kopi dan wine meninggalkan pigmen kimia seperti tanin,” kata Aulak.

Merokok

Ilustrasi rokok via jawapos.com

Kamu mungkin sudah menyadari bahwa jika orang yang suka merokok giginya akan berwarna kuning. Rokok yang mengandung zat nikotin bisa membuat gigi menjadi kuning.

Aulak mengatakan jika kebiasaan merokok dapat menghambat perbaikan jaringan gusi sehingga menyebabkan terkikisnya tulang dan mengganggu akar gigi. “Lebih signifikan lagi, merokok berhubungan dengan peningkatan risiko kanker paru, mulut dan tenggorokan,” tambahnya.

Jadi selalu hindari deretan makanan, minuman serta kebiasaan yang sudah disebutkan ya, Cakap People jika ingin gigi tetap putih terawat. Jangan biarkan kebiasaan salah yang kamu lakukan nanti kian mengikis kesehatan gigi.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tiada yang Sempurna, Inilah 5 Tanda Sebuah Hubungan Memiliki Ikatan Kuat

Facebook Siapkan Fitur Baru Mirip Linimasa di Instagram