in ,

5 Kanker Ganas Ini Bisa Dicegah dengan Olahraga Rutin

CakapCakap – Cakap People, seperti yang kita ketahui, kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan. Namun jangan khawatir, melalui pola hidup yang sehat serta rutin melakukan olahraga, maka resiko terkena kanker bisa ditekan. Olahraga merupakan salah satu aktivitas sehat yang jika dilakukan secara rutin, ternyata bisa mencegah gangguan 5 jenis penyakit kanker yang berikut ini:

Kanker usus besar

Gejala kanker usus via Publika.md

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang bisa dicegah melalui olahraga yang rutin. Kanker usus besar sendiri umumnya dipicu oleh kurang serat dan kebanyakan makan daging.  Untuk mencegah kanker jenis ini, anda bisa memulai pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur serta melakukan olahraga.

Tidak perlu lama-lama, namun hanya perlu 30 menit berolahraga dalam sehari, maka akan terjadinya penurunan resiko terkena jenis kanker ini.

Kanker prostat

Ilustrasi keluhan kanker prostat via hellosehat.com

Rutin berolahraga juga baik untuk menurunkan resiko terkena kanker prostat. Olahraga yang dilakukan cukup olahraga ringan saja seperti jogging, berkebun, membersihkan rumah dan lain-lain. Bukan hanya mencegah datangnya kanker prostat, olahraga juga disarankan bagi mereka yang terlanjur menderita sakit ini.

Kanker endometrium

Gejala kanker endometrium via nakita grid.id

Salah satu hal yang memicu datangnya kanker ini adalah obesitas. Untuk mencegah datangnya kanker endometrium, kamu bisa melakukan olahraga secara rutin  setidaknya 150 menit dalam kurun waktu satu minggu.

Kanker paru

Ilustrasi rontgen paru-paru via koran-jakarta.com

Mencegah kanker paru-paru bisa dilakukan dengan cara rutin melakukan olahraga. Suatu studi yang dilakukan terhadap 2,5 juta orang dewasa membuktikan jika kanker paru bisa berkurang mencapai 25 persen bagi mereka yang melakukan olahraga dengan teratur.

Kanker payudara

Cegah kanker payudara via Hellosehat.com

Manfaat olahraga secara rutin selanjutnya adalah mencegah datangnya kanker payudara. Jenis kanker ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti pola hidup tidak sehat, faktor genetik dan lingkungan.

Bagi wanita yang memiliki riwayat kanker dalam keluarganya, olahraga teratur membantu mereka dalam  mencegah datangnya kanker jenis ini. Disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur sejak remaja untuk  mencegah jenis kanker ini.

Dengan manfaat olahraga dalam mencegah beragam jenis kanker maka tidak ada salahnya jika Cakap People mulai memperutin olahraga. Keuntungan tubuh bugar dan sehat juga akan didapatkan dengan berolahraga bukan?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Masih Ingat Winamp? Pemutar Musik Klasik Ini Bangkit Kembali di Tahun 2019

Hindari! 5 Sikap Ini Justru Bikin Pertengkaranmu dengan Si Dia Makin Panas