in ,

4 Tips Diet ala Orang Jepang yang Bisa Bikin Sehat dan Berumur Panjang

Apa saja itu?

CakapCakapCakap People! Ada beberapa tips diet ala orang Jepang yang bisa kamu terapkan. Apa saja itu? Penduduk negara Jepang terkenal memiliki tubuh yang sehat dan berumur panjang. Menurut laporan Kementerian Kesehatan setempat, pada September 2022 terdapat 90% penduduk centenarian atau warga yang berusia di atas 100 tahun. Angka tersebut melonjak berkali lipat dibandingkan tahun 1960 silam.

Ahli nutrisi dari Jepang, Asako Miyashita, telah meneliti orang-orang yang berumur panjang selama 20 tahun. Menurutnya, orang-orang yang memiliki umur panjang, disebabkan oleh mindset, makanan adalah obat, sehingga mereka berhati-hati saat menikmati makanan.

Tidak hanya Asako Miyashita, menurut ilmuan Amerika, Samantha Cassety, yang dilansir dari laman Today menyatakan, bahwa orang-orang Jepang memiliki metode diet yang mampu menyehatkan dan juga membuat umur panjang.

Metode tersebut mampu meminimalisir penyakit diabetes, jantung, dan stroke. Apa saja yang kerap dilakukan orang Jepang untuk meraih tubuh yang sehat serta umur yang panjang?

1. Mengonsumsi Rumput Laut

4 Tips Diet ala Orang Jepang yang Bisa Bikin Sehat dan Berumur Panjang
Ilustrasi

Rumput laut adalah makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Rumput laut tidak hanya memiliki rasa yang unik, tetapi juga mengandung mineral seperti, yodium, zat besi, dan omega-3.

Rumput laut juga mengandung serat, seperti yang diketahui rajin mengonsumsi serat mampu meminimalisir penyakit diabetes, stroke, hipertensi, dan jantung.

Tidak hanya itu, rumput laut juga mengandung antioksidan, yang mampu mencegah penyakit kanker, peradangan, dan mampu menangkal radikal bebas.

2. Rajin Minum Teh Hijau

Ilustrasi

Meminum teh hijau sudah menjadi tradisi di Jepang. Teh hijau sendiri memiliki kandungan antioksidan polifenol yang mampu melindungi tubuh kita dari radikal bebas, serta melindungi tubuh dari sel-sel yang menyebabkan penyakit kronis.

Masyarakat Jepang pun menikmati teh hijau tanpa ditambahi gula. Sehingga dapat meminimalisir penyakit diabetes melitus. Itulah kebiasaan yang baik bagi masyarakat Jepang.

3. Rutin Mengonsumsi Ikan

Ilustrasi

Mengonsumsi ikan adalah hal wajib bagi masyarakat Jepang. Menurut Samantha, masyarakat Jepang dapat mengonsumsi ikan sebanyak 3 ons dalam sehari atau 30kg dalam setahun.

Ikan, kerang, udang, salmon, dan kuliner laut lainnya mengandung protein yang tinggi, rendah lemak jenuh, dan mengandung omega-3. Sehingga masyarakat Jepang tidak mudah terserang penyakit jantung.

Samantha pun menyarankan untuk rutin mengonsumsi ikan minimal seminggu dua kali. Karena mengonsumsi ikan dapat meningkatkan kesehatan otak dan mengatur emosional menjadi lebih baik lagi.

4. Mindset ‘Hara Hachi Bu Me’

Cakap People! Hara hachi bu me ini adalah mindset yang biasa digunakan oleh masyarakat Jepang saat menikmati hidangan. Di mana mereka akan berhenti makan saat sudah terasa 80% kenyang. Sehingga tidak akan mengakibatkan sakit perut dan tetap nyaman beraktivitas.

Itulah sejumlah tips diet ala orang Jepang yang bisa kamu terapkan!

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

4 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Cepat Turunkan Berat Badan

4 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Cepat Turunkan Berat Badan

Selain Wortel, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata