in ,

Selain Wortel, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Kesehatan mata menjadi penting untuk diperhatikan!

CakapCakapCakap People! Selain wortel, makanan apa saja yang baik untuk kesehatan mata kita? Kesehatan mata seringkali luput dari perhatian kita hingga mulai mengalami masalah penglihatan. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, bisa membantu melindungi mata dari berbagai penyakit dan menjaga penglihatan tetap tajam.

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa wortel baik untuk mata karena kaya akan vitamin A. Namun, tahukah kamu ada banyak makanan lain yang sama pentingnya untuk menjaga kesehatan mata?

Selain wortel, berikut adalah deretan makanan yang bisa menjaga kesehatan mata.

Salmon

Selain Wortel, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata
Ilustrasi

Asam lemak omega-3, yang biasanya dikaitkan dengan kesehatan otak, juga sangat penting untuk kesehatan mata. Melansir National Institutes of Health, dua jenis asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) banyak terdapat dalam salmon.

“Jenis ikan berlemak seperti salmon yang tinggi akan DHA dan EPA, telah terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan mata sejak dalam kandungan,” jelas Roxana Ehsani, RD, CSSD, LDN, ahli gizi dari Miami. Manfaat DHA dan EPA dalam salmon untuk mata tidak hanya dimulai sejak sebelum lahir, tetapi juga berlanjut sepanjang hidup.

Brokoli

Ilustrasi

Brokoli terkenal memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya melindungi kesehatan mata. Salah satu alasan utamanya adalah kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif pada mata dan membantu mencegah katarak, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian.

Kandungan antioksidan dalam brokoli memang sudah dikenal luas, namun ada satu nutrisi yang kurang populer yang juga berperan penting, yaitu sulforaphane. Menurut Lexi Moriarty, RDN, CSSD, seorang ahli diet terdaftar di Westfield, New Jersey, sulforaphane memiliki dampak positif pada beberapa proses penyakit dan telah terbukti berpengaruh positif pada perkembangan penyakit mata umum seperti glaukoma.

Ubi Jalar

Ilustrasi

“Beta-karoten bermanfaat karena tubuh mengubahnya menjadi vitamin A, di mana penting untuk penglihatan yang baik,” jelas Ehsani. Ia juga menambahkan, bahwa beta-karoten dalam ubi jalar membantu mata beradaptasi dalam kondisi cahaya redup.

Harvard T.H. Chan School of Public Health merekomendasikan untuk merebus ubi dengan kulitnya ketika ingin mengonsumsi. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan beta-karoten dan vitamin C secara maksimal.

Kuning Telur

Selain Wortel, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata
Ilustrasi

Telur mengandung lutein dan zeaxanthin, karotenoid lain yang dapat meningkatkan pigmen makula rendah pada orang dewasa yang lebih tua. Ini adalah salah satu faktor risiko degenerasi makula terkait usia, yang menyebabkan kehilangan penglihatan secara bertahap dan terkadang total seiring waktu.

Selain lutein dan zeaxanthin, kuning telur juga kaya akan nutrisi lain yang baik untuk mata seperti seng dan vitamin A. Nutrisi-nutrisi ini membantu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Saffron

Ilustrasi

Cakap People! Menurut Kim Kulp, RDN, ahli gizi dari San Fransisco, saffron memainkan beberapa peran dalam melindungi kesehatan mata. Berdasarkan jurnal dari Molecular Diversity Preservation International, saffron telah terbukti mengurangi tekanan intraokular pada penderita glaukoma, melindungi retina pada orang dengan tekanan darah tinggi, dan memperbaiki penglihatan pada mereka yang mengalami degenerasi makula tahap awal.

Tidak mengherankan, saffron mengandung senyawa dengan sifat antioksidan yang bisa menjelaskan berbagai manfaatnya untuk mata.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

4 Tips Diet ala Orang Jepang yang Bisa Bikin Sehat dan Berumur Panjang

Resep Bibimbap, Nasi Korea dengan Campuran Sayuran, Daging Sapi dan Lainnya

Resep Bibimbap, Nasi Korea dengan Campuran Sayuran, Daging Sapi dan Lainnya