in ,

4 Startup Sukses Raih Level Unicorn, Qlapa Justru Gulung Tikar

CakapCakap – Startup atau perusahaan rintisan yang dikembangkan anak bangsa, Qlapa mengalami nasib yang tidak berjalan baik. Cakap People pasti tahu bukan dengan marketplace satu ini? Marketplace Qlapa ini merupakan pasar untuk menjual karya kerajinan lokal yang mengangkat bendera putih dalam bisnis online atau daring.

Pihak Qlapa menyatakan jika bisnis mereka tidak berjalan mulus dan terpaksa mengambil keputusan yang sulit yakni dengan menutup bisnisnya.

“Kami tidak bisa membuat Qlapa menjadi bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan,” tulis Qlapa melalui postingannya di akun instagram @qlapa pada rabu 6 maret 2019.

Interface Qlapa sebelum gulung tikar via id.techinasia.com

Melalui epilog di akun instagramnya, Qlapa mengatakan jika selama 4 tahun terakhir ini mereka telah berusaha keras dalam memberdayakan pengrajin lokal dengan karya-karyanya. Marketplace ini juga sempat mendapatkan perhatian dengan mendapatkan tanggapan positif dari penjual, media massa berikut para pelanggannya.

Qlapa juga mendapatkan apresiasi dari Google Play dengan mendapat anugrah sebagai aplikasi mobile ‘Hidden Gem’. Startup yang satu ini juga mendapatkan apresiasi sebagai salah satu startup yang memiliki pertumbuhan paling menjanjikan untuk majalah Forbes Asia.

Qlapa juga mengungkapkan jika selama ini mereka telah menyalurkan sejumlah puluhan milyar untuk hasil penjualan kepada para pengrajin lokal.

Penampakan produk kerajinan di etalase Qlapa via selular.id

“Sedikit-banyak kami juga telah mberperan dalam mempromosikan produk buatan tangan dari para pengrajin Indonesia. tim kamu mengalami masa-masa yang menyenangkan dan kami juga telah berusaha memberikan yang terbaik” tulis Qlapa.

Sayangnya, masa-masa tersebut tidaklah berlangsung lama, platform ini belum juga mendapatkan keuntungan dan akhirnya harus menutup bisnisnya. Meski demikian, Qlapa mengaku bangga telah berbuat untuk karya pengrajin lokal.

“Kami berharap untuk yang terbaik bagi para penjual, yang telah menjadi mitra bisnis kami selama bertahun-tahun. Kami juga seringkali terkagum dan terinspirasi oleh kisah dan produk mereka. Terima kasih sudah mempercayai kami dan memberi kami kesempatan untuk mencoba,” tulis Qlapa.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Hampir 4 tahun yang lalu, kami memulai Qlapa dengan misi memberdayakan perajin lokal. Banyak pasang surut yang kami alami dalam perjalanan yang luar biasa ini. Kami sangat berterima kasih atas semua tanggapan positif dari para penjual, pelanggan, dan media. Dukungan yang kami terima sangat luar biasa dan membesarkan hati. Selama masa yang indah itu, perjalanan Qlapa telah dimuat di berbagai media yang mendengar misi kami. Aplikasi mobile Qlapa dianugerahi sebagai “Hidden Gem” oleh Google Play dan kami juga dianugerahi sebagai salah satu start up dengan pertumbuhan paling menjanjikan oleh majalah Forbes Asia. Kami sangat senang telah menyalurkan puluhan miliar rupiah hasil penjualan kepada para perajin kami. Sedikit-banyak kami telah berperan dalam mempromosikan produk-produk buatan tangan para perajin Indonesia. Tim kami mengalami masa-masa yang menyenangkan dan kami telah berusaha memberikan yang terbaik. Melihat ke belakang, kami bersyukur telah melewati perjalanan yang luar biasa ini. Sayangnya bagi kami, perjalanan romantis ini harus berakhir. Kami tidak dapat membuat Qlapa menjadi bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan. Kami masih percaya pada kualitas, cerita, dan rasa cinta terhadap produk kerajinan tangan Indonesia. Masih ada tugas yang perlu dilakukan, ada mimpi-mimpi yang harus diwujudkan. Tapi untuk sekarang, kami harus mengucapkan selamat tinggal. Layanan kami tidak lagi tersedia mulai 2019. Sebuah keputusan yang sulit, namun harus kami ambil. Kami berharap yang terbaik untuk para penjual, yang telah menjadi mitra bisnis kami selama bertahun-tahun. Kami sering kali terkagum dan terinspirasi oleh kisah dan produk mereka. Terima kasih telah mempercayai kami dan memberi kami kesempatan untuk mencoba. Dengan tulus kami berharap, misi kami untuk memajukan produk-produk kerajinan tangan Indonesia dapat didengar dan akan ada yang melanjutkan dan memberdayakan kreativitas para perajin Indonesia. Terakhir, kami mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan, mitra, dan karyawan kami. Qlapa tidak akan pernah mencapai semua ini tanpa kalian. Semoga kita dapat berjumpa dan bekerja sama kembali di lain kesempatan. Salam hangat, Qlapa

Sebuah kiriman dibagikan oleh Qlapa.com (@qlapa) pada

Qlapa juga memiliki harapan jika misi dalam memajukan produk kerajinan dari tangan anak bangsa bisa diteruskan oleh siapa saja. Menutup epilognya, Qlapa juga mengucapkan terima kasih kepada mitra, karyawan serta pelanggan atas kontribusinya selama ini.

Well, kita patut berbangga hati dengan adanya startup Qlapa selama ini, Cakap People. Pasalnya marketplace ini ada untuk membantu para pengrajin lokal untuk bisa memasarkan produk mereka. Kini nyatanya, di tengah ramainya 4 startup unicorn yang muncul ke permukaan, Qlapa justru kini gulung tikar.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hari Perempuan Internasional, Ini Dia yang Diperjuangkan Perempuan di 2019

Lexus ES, Mobil Listrik Jenis Sedan Terbaru dari Lexus dengan Teknologi Canggih