in ,

4 Pemicu Resiko Kanker Usus yang Jarang Disadari

Rokok, alkohol, hingga olahan daging merah bisa menjadi penyebab kanker usus

CakapCakap – Cakap People, permasalahan di bagian perut memang sangat mengganggu berbagai aktivitas harian. Tak sekadar terasa perih, mules atau kram, tetapi ada juga masalah berbahaya seperti kanker usus yang mengancam jiwa.

Apalagi, menurut Ari Fahrial Syam, salah seorang dokter spesialis menyatakan jika kanker usus memang cukup banyak ditemukan. Bahkan, pada pasien yang berusia masih muda sekalipun. Menurut Ari, gaya hidup menjadi salah satu penyebab datangnya gangguan yang satu ini.

Ari juga memaparkan jika ada beberapa faktor pemicu kanker usus yang sebaiknya diwaspadai. Beberapa faktor yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

Rokok

Rokok via jawapos.com

Rokok menjadi salah satu alasan kenapa kanker usus bisa menyerang seseorang. Namun, bukan perokoknya tapi justru orang di sekitarnya yang menjadi perokok pasir. Indonesia sendiri masih belum bisa bebas rokok apalagi dengan kebebasan yang bisa didapatkan para perokok yaitu dengan merokok di berbagai tempat.

Faktor genetik

Ilustrasi organ usus via liputan6.com

Selain rokok, faktor genetik juga menjadi salah satu resiko seseorang bisa terkena jenis kanker yang satu ini. Mereka yang memiliki riwayat kanker atau bahkan polip usus di keluarga, sebaiknya lebih berhati-hati.

Konsumsi daging merah serta olahan

Daging merah via republika.co.id

Pola makan yang tinggi daging merah, kurangnya konsumsi sayur dan buah serta gemar mengonsumsi daging olahan bisa menjadi penyebab datangnya penyakit yang satu ini.

Nah bagi kamu yang gemar mengonsumsi beragam makanan yang tidak sehat dan bisa memicu penyakit, ada baiknya untuk mulai berhati-hati sekarang. Mulailah untuk secara rutin mengonsumsi buah juga sayur yang baik bagi kesehatan tubuhmu.

Beragam faktor lainnya

Ilustrasi alkohol via tempo.co

Selain beragam faktor di atas, ada juga faktor lainnya yang bisa memperburuk kesehatanmu dan menjadi penyebab datangnya gangguan yang satu ini. Beberapa faktor yang dimaksud antara lain adalah kurang bergerak, konsumsi alkohol hingga kegemukan.

Menjaga tubuh agar terbebas dari beragam penyakit adalah tanggung jawab diri sendiri secara pribadi. Dalam hal ini, kamu bisa memulainya dengan menjaga asupanmu sehari-hari. Pilihlah jenis makanan sehat yang bagus untuk menjauhkanmu dari penyakit termasuk juga penyakit kanker usus. Selain itu, Cakap People sebaiknya imbangi pula dengan gaya hidup dengan berolahraga hingga menghindarkan diri dari yang namanya kegemukan serta konsumsi alkohol.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Simak, Ini 5 Model Rambut yang Pas Buat Si Cewek Bertubuh Gemuk

Bayi Laki-Laki Ini Diberikan Nama “Google” oleh Orang Tuanya