in

4 Kiat Mudah Menghadapi Rasa Takut Berlebihan, Jangan Jadikan Sebagai Kelemahan!

Rasa takut akan membuat kamu tidak berkembang, jadi segera atasi ya

CakapCakap – Setiap orang pasti memiliki rasa takut pada hal-hal tertentu. Misalnya saja takut menghadapi hubungan baru, lingkungan baru hingga mencoba sesuatu yang baru Cakap People. Kamu mungkin juga memiliki rasa takut tersebut!

Tapi perlu kamu ketahui jika rasa takut yang berlebihan bisa memberikan hal buruk padamu. Dirimu akan rentan mengalami stres dengan rasa takut yang berlebihan. Bahkan tak jarang rasa takut dapat membuat kamu mengambil keputusan yang salah. Oleh karena itu, kalahkan rasa takut dengan 4 kiat berikut ini!

1. Motivasi diri sendiri

Tulis kalimat positif via Blog.elevenia.co.id

Siapa yang merasakan rasa takut? Tentu saja dirimu! Oleh karena itu, hanya kamu yang bisa berjuang untuk mengusirnya. Cobalah membuat jurnal motivasi yang berisi perihal keberhasilan, kelebihan dan pencapaian yang pernah dirimu lakukan sebelumnya. Hal tersebut akan membuat kamu lebih percaya diri dalam menghadapi rasa takut berlebih.

2. Akui perubahan

Kamu butuh perubahan via Rukita.co

Bukan rahasia lagi jika setiap orang pasti memiliki rasa takut. Tapi berkat kemauan untuk berubah, maka kamu dapat mengubah kelemahan tersebut jadi hal yang lebih baik. Kamu tidak perlu menyangkal jika ada rasa takut dalam dirimu.

Malah akui saja kelemahan tersebut supaya kamu dapat berubah jadi pribadi yang lebih baik. Namun selalu ingat, bila perubahan tidak bisa datang secara tiba-tiba. Sebab semuanya butuh proses. Akui saja jika kamu juga perlu perubahan agar jadi lebih baik.

3. Kamu yang punya kendali

Kendalikan rasa takut via Medcom.id

Sama seperti kebahagiaan, rasa takut juga ada di tangan kamu sendiri. Hanya dirimu yang dapat mengendalikannya. Kamu adalah satu-satunya orang yang bisa merasakan ketakutan tersebut.

Jika rasa takut tiba-tiba datang, maka berikan penjelasan pada dirimu sendiri bahwa itu merupakan perasaan yang wajar. Kamu harus menguatkan mental guna berani menghadapi rasa takut tersebut.

4. Meminta dukungan

Bagi emosi dengan teman via Health.detik.com

Kamu sedang berjuang menghadapi rasa takut? Maka tak ada salahnya untuk meminta dukungan dari orang terdekat. Baik orang tua, pasangan hingga sahabat. Dengan begitu kamu akan lebih kuat dalam menghadapi rasa takut yang berlebihan.

Kamu juga bisa membagi rasa takut tersebut pada orang-orang yang terpercaya. Berkat dukungan moral tersebut kamu pun akan bisa terus berkembang jadi lebih baik.

Jadi, itu dia beberapa kiat yang dapat Cakap People lakukan untuk mengusir rasa takut yang berlebihan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kasus Bunuh Diri di Jepang Meningkat pada Oktober Akibat Pandemi, Tertinggi Sejak 2015

Ternyata Ini Dia 5 Besar Orang Terkaya di Indonesia, Peringkat Pertama Capai Nominal Rp 217,6 triliun!