in ,

3 Tahun Makan Ikan Mentah, Hati Pria Ini Dipenuhi Parasit

Di rumah sakit, hasil sinar-X kemudian mengungkapkan bahwa hati Lin penuh dengan parasit dan ia didiagnosis menderita Clonorchiasis.

CakapCakapCakap People! Seorang pria yang suka makan ikan mentah di provinsi Fujian, Cina, berakhir dengan hati yang dipenuhi parasit, demikian Kwong Wah Yit Poh melaporkan.

Dilansir dari Asia One, Selasa, 10 September 2019, pria yang diketahui bernama Lin ini harus dilarikan ke rumah sakit setelah menderita demam tinggi, muntah, dan batuk parah yang terus menerus. Menurut ET Today, Lin mengalami demam 39 derajat selama hampir 10 hari yang tak kunjung sembuh setelah dilakukan pengobatan oleh dirinya sendiri.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Di rumah sakit, hasil sinar-X kemudian mengungkapkan bahwa hati Lin penuh dengan parasit dan ia didiagnosis menderita Clonorchiasis.

Menurut dokter yang menangani Lin, penyakit ini disebabkan oleh parasit seperti cacing hati Cina, yang umumnya ditemukan pada ikan air tawar yang kurang matang.

Larva parasit menetas di usus manusia setelah dimakan, setelah itu mereka menetap di saluran empedu. Situs web Centers for Disease Control and Prevention menyatakan bahwa parasit ini memakan empedu dan dapat hidup selama 20 hingga 30 tahun dalam tubuh manusia.

Lin mengakui sudah menikmati ikan mentah secara teratur selama tiga tahun terakhir dan ia percaya bahwa hanya dengan mengolesi ikan dengan mustard, parasit akan mati.

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Dokter yang menangani Lin mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk mencegah infeksi semacam itu adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan yang benar-benar mentah.

Kalau tidak, sangat penting untuk memperhatikan asal-usul makanan. Karena Clonorchiasis tidak memiliki gejala yang jelas pada tahap awal, pada saat seseorang mendeteksi gejala seperti demam tinggi, kelelahan dan ketidaknyamanan perut bagian atas. Hal itu biasanya akan terasa pada tahap infeksi selanjutnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Makassar Jadi Tuan Rumah Perhelatan Hari Aksara Internasional 2019

Malaysia Kirim Setengah Juta Masker Wajah Ke Wilayah Ini Akibat Asap Kebakaran Hutan di Indonesia