in ,

10 Pilihan Wisata Halal Terbaik Kelas Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

CakapCakapCakap People, Global Muslim Travel Index merilis perihal deretan wisata halal di seluruh dunia. Hal inilah yang pada akhirnya menobatkan negara kita menjadi destinasi halal wisata terbaik tahun 2019. Prestasi ini tentu mampu mengundang banyak wisatawan terutama yang muslim untuk bertandang di negara kita.

Dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia lebih unggul dari 130 destinasi yang ada di seluruh dunia. Dengan prestasinya tersebut, tidak heran jika Lembaga MasterCard-Crescentrating menempatkan Indonesia di ranking pertama standar GMTI. Adapun skor negara kita adalah 78 bersamaan dengan Malaysia yang menempati peringkat atas.

Ilustrasi berwisata via nu.or.id

Menurut CEO CrecentRating yakni Fazal Bahardeen di Pullman Hotel pada Selasa, 9 April 2019, ia menyatakan jika Indonesia merupakan negara yang paling progresif dalam mengembangkan wisata halalnya.

Adapun yang menjadikan Indonesia sebagai wisata halal terbaik dunia adalah berdasarkan dari komunikasi, lingkungan, layanan serta akses. Selain itu, Indonesia juga melakukan bimbingan teknis serta lokakarya 10 destinasi pariwisata halal unggulan.

Indonesia mendapatkan prestasi yang berjenjang sejak tahun 2015. Pada tahun tersebut, negara kita baru mendapatkan peringkat ke-6. Untuk selanjutnya di tahun 2016, Indonesia mampu memposisikan diri pada peringkat ketiga dunia.

Kemudian pada tahun 2018, Indonesia mendapatkan peringkat ke-2. Sampai pada akhirnya tahun ini, Indonesia patut berbangga karena mampu meraih prestiasi menduduki posisi teratas yakni peringkat pertama wisata halal dunia.

Wisata halal Pulan Santen, Banyuwangi via dream.co.id

Menteri pariwisata, Arief Yahya mengatakan jika untuk sampai ke peringkat atas, diperlukan perancangan yang matang sejak tahun 2015. Menurut Arief, peringkat Indonesia ini akan membuat wisatawan dari negara lain semakin berminat untuk berkunjung di berbagai lokasi menarik di negara dengan ribuan pulau ini.

Adapun target untuk tahun 2019, Indonesia mampu menarik 20 juta wisatawan dari mancanegara. Namun dengan 5 juta atau sebanyak 25 persennya adalah kunjungan turis untuk wisata halal.

Selain Indonesia, ada beberapa negara lain yang mengikuti. Berikut ini urutan 10 negara yang mendapatkan predikat sebagai negara yang memiliki potensi wisata halal terbaik bertaraf dunia.

  1. Indonesia sebanyak 78
  2. Malaysia sebanyak 78
  3. Turki sebanyak 75
  4. Arab Saudi 72
  5. Uni Emirat Arab sebanyak 71
  6. Qatar sebanyak 68
  7. Maroko sebanyak 67
  8. Bahrain sebanyak 66
  9. Oman sebanyak 66
  10. Brunei Darussalam sebanyak 65

Sebagai warga negara Indonesia tentu kita semakin bangga dengan prestasi tersebut bukan, Cakap People? Maka dari itu, sudah sepatutnya kita menjaga setiap apa yang sudah kita miliki dan bangun hingga meraih prestasi gemilang tersebut.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tak Hanya Terkenal, 3 Seleb Ini Juga Menulis Buku loh!

Inilah Bagaimana Media Sosial Mempengaruhi Penampilan Bentuk Tubuh (Body Image)