in

Bukan Pakai Cotton Bud, Begini Cara Bersihkan Telinga yang Benar!

CakapCakap – Telinga  merupakan bagian dari indera pendengar yang perlu kita jaga kebersihannya Cakap People. Sebab, seringkali kotoran dalam telinga memberikan kesan tak nyaman pada kita. Umumnya, orang akan membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Oleh karena itu, benda ini sangat terkenal bahkan hampir tersedia di rumah-rumah.

Padahal, bukan cotton bud benda yang diperkenankan untuk membersihkan telinga. Mengapa? Cari tahu di ulasan berikut ini yuk!

Cara bersihkan telinga yang benar

Bersihkan telinga pakai obat tetes via K24klik.com

Jika bukan dengan cotton bud, lantas apa alat yang digunakan untuk membersihkan telinga? Meskipun telinga dapat membersihkan kotorannya sendiri namun terkadang tumpukan lilin dalam telinga membuat kita jadi tak nyaman. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan beberapa hal. Hal yang tepat untuk membersihkan telinga ialah dengan memakai obat tetes telinga, tetesan minyak zaitun, tetes peroksida hidrogen hingga baby oil.

Bahan tersebut diyakini bisa melarutkan kotoran yang ada dalam telinga serta membuatnya jadi lebih lunak. Sedangkan, untuk tetes hidrogen peroksida bisa kamu teteskan ke kapas basah kemudian menerapkannya pada telinga. Selain kapas basah, pipet bersih juga cukup dianjurkan. Sementara, untuk obat tetes telinga biasa dijual di toko-toko dengan bebas. Umumnya kandungannya berupa karbamid peroksida.

Agar bisa mengaplikasikan obat tetes tersebut maka kamu harus mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan hingga saran dokter. Umumnya, sebelum meneteskan obat tersebut kamu harusnya memiringkan kepala. Sehingga telinga yang hendak ditetesi obat berada di arah atas untuk beberapa menit. Upaya ini dilakukan guna mencapai telinga yang sedang tersumbat. Namun, apabila telinga sedang dalam kondisi luka atau sakit maka hindari penggunaan obat tetes tersebut.

Alasan tak perlu pakai cotton bud

Tidak perlu gunakan cotton bud via Tirto.id

Sebenarnya, telinga memiliki kemampuan guna membersihkan serta mengeluarkan kotoran sendiri. Alhasil, kotoran telinga tak akan sampai menyumbat saluran pendengaran kamu. Di kala kamu melakukan gerakan mengunyah serta sedang berbicara sehingga membuat rahang bergerak, maka kotoran dalam telinga akan jalan keluar. Bahkan dapat mengering dan jatuh sendiri.

Namun, hal berbeda akan terjadi jika kamu menggunakan cotton bud maupun benda lain. Di mana kotoran telinga bisa saja semakin terdorong masuk ke dalam telinga. Apalagi jika kamu memasukkan jari ke telinga, maka berpotensi untuk menjadikan kotoran terperosok dan terperangkap di sana.

Sudah tahu bukan Cakap People bagaimana cara bersihkan telinga yang benar? Mungkin selama ini kamu masih salah persepsi dengan membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Padahal, alat tersebut malah akan mendorong kotoran telinga jatuh lebih dalam dibanding semestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Punya Pikiran Negatif Bikin 4 Zodiak Ini Gampang Pesimis!

Bukan Hanya Makanan dan Busana, RS Syariah Juga Sudah Ada!