in ,

Wow, Pecinta Otomotif Ini Mengoleksi 14 Ribuan Diecast, Mainan Mobil yang Bukan Main Harganya!

Vintage diecast cars VW Combi keluaran pertama saat ini harganya mencapai Rp1 miliar lebih.

CakapCakapCakap People! Pernahkah kamu mendengar tentang diecast? Kamu juga mungkin pernah mendengar Hotwheels, Tomica, Bburago, Autoart, Maisto, Norev, Kinsmart, Majorette, Tormac. Itulah beberapa deretan merk diecast.

Ya. Diecast bukan hanya sekedar mainan mobil-mobilan. Diecast ini merupakan miniatur mobil dengan detail yang menyerupai mobil aslinya dengan tampilan yang memukau, menjadikan hal ini layak untuk dikoleksi. 

Bagi para penggemar mobil, memiliki diecast mobil impian dan favorit akan menjadi keasyikan tersendiri. Mereka tak hanya mengoleksi satu, bahkan hingga belasan ribu loh. 

Vero Sahetapy. (Foto: CakapCakap)

Hobi diecast ini tak hanya sekedar mengoleksi mainan mobil-mobilan saja, tapi ternyata juga bisa menjadikan hal ini sebagai peluang investasi. Semakin langka model diecast, maka memungkinkan harga diecast itu menjadi sangat tinggi nilainya di kalangan diecaster.

Harga diecast—mainan mobil-mobilan ini juga tak main-main; mulai dari harga yang hanya puluhan ribu hingga mencapai miliaran rupiah di dunia. Adalah Vero Sahetapy, legenda diecast Indonesia yang juga merupakan founder Indonesia Diecast Expo (IDE) mengatakan, diecast termahal di dunia saat ini ada di Amerika Serikat, yaitu vintage diecast cars VW Combi keluaran pertama yang harganya mencapai Rp1 miliar lebih.

“Kalau diecast termahal di dunia ada di Amerika. Itu sekitar Rp1 miliar lebih ya harganya. VW Combi. Sekarang dia terhitung yang paling mahal saat ini. Yang lama punya, vintage, produksi pertama,” kata Vero kepada Cakap Team baru-baru ini di Trans Studio Mall dalam rangkaian gelaran Diecast Vaganza 2019 di Makassar.

Vero Sahetapy saat menghadiri Diecast Vaganza 2019 di Trans Studio Mall Makassar. (Foto: CakapCakap)

Pria yang mengoleksi diecast sejak 1998 ini sering menjual koleksinya dari kisaran harga USD1000-USD2.500 (Rp14 juta-Rp35 juta), hingga yang termahal yang pernah dijualnya adalah diecast VW Drag Bus dengan harga mencapai USD3.000, atau sekitar Rp42 juta.

Diecast VW Kodok dan VW Combi adalah koleksi pertama yang dimiliki Vero pada tahun 1998. Kini, pria berusia 50 tahun ini sudah mengumpulkan koleksi diecast-nya sebanyak 14 ribu lebih. Wow!

“Ditotal dengan yang saya punya itu mungkin sekitar di atas 14 ribu (diecast) kali ya. Karena ya campur kan? Ada yang biasa, reguler, yang favorit semua campur. Karena saya kan main semua skala,” kata Vero menjelaskan total koleksi diecast-nya. Dari belasan ribu diecast tersebut, VW Drag Bus adalah koleksi favoritnya.

“Yang paling saya favorit ya sebetulnya adalah VW Drag Bus. Berat, besi, yang memang collector item dan nggak dijual sembarangan, jadi itu yang saya favoritkan,” ujar pecinta otomotif ini saat ditanya diecast favoritnya.

Bagi pemula yang juga ingin mengoleksi diecast, Vero menyarankan agar melakukan pencarian diecast yang benar-benar disukai, seperti lewat Google, hunting, dan komunitas diecast. “Misalnya  diecast Datsun, bisa di Googling, hunting dan bisa juga lewat komunitas-komunitas diecast,” saran Vero.

Vero Sahetapy. (Foto: CakapCakap)

Indonesia Diecast Expo (IDE)

Perjalanan Indonesia Diecast Expo (IDE) berawal dari keinginan untuk berkolaborasi; dengan banyaknya koleksi diecast yang dimiliki oleh Vero dan Event Organizer (EO).

Pada 2014, terwujudlah Indonesia Diecast Expo (IDE) pertama yang digelar di Balai Kartini, Jakarta. Sukses menggelar IDE 2014 yang berhasil mendatangkan pengunjung hingga 8.000 orang lebih, disusul dengan kesuksesan lainnya, yang tak hanya diminati oleh diecaster dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Puncaknya pada Indonesia Diecast Expo (IDE) ke-5 tahun 2018; International Datsun Diecast yang diselenggarakan di ICE-BSD, Tangerang. Menghadirkan legenda desainer Hotwheels, Jun Imai dari Amerika Serikat. Vero mengatakan, 9-10 negara hadir mengikuti event tersebut. Fantastis!

Kini, Indonesia Diecast Expo (IDE) memasuki tahun ke-6 yang bakal digelar pada 26-27 Oktober 2019 mendatang di Jakarta.

Vero Sahetapy (kedua dari kanan) bersama diecaster Makassar dan lainnya di Diecast Vaganza 2019 Trans Studio Mall Makassar. (Foto: CakapCakap)

Diecast Vaganza 2019 di Trans Studio Mall Makassar

Event gelaran yang mendapat lisensi dari Indonesia Diecast Expo (IDE); Diecast Vaganza 2019 juga saat ini tengah berlangsung di Trans Studio Mall Makassar. Diecast Vaganza 2019 ini juga merupakan yang terbesar dan pertama di Makassar, yang berlangsung sejak 21 Juni – 30 Juni 2019.

*CakapCakap merupakan official media partner Diecast Vaganza 2019 di Trans Studio Mall Makassar.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Duh! Guru Cantik Ini Diminta Berhenti Gara-Gara Foto Seksi di Media Sosial

Tampak Indah Tapi Embun Es di Dieng Disebut Embun Racun, Mengapa?