in ,

Walaupun Kelihatan Ringan, Makanan Ini Tinggi Kalorinya

Tahu enggak, terkadang jajanan kuliner yang buka hanya di malam hari ini kalorinya bisa setara bahkan lebih tinggi dibandingkan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Selain itu, jarak waktu antara makan dan tidur nggak terlalu jauh. Ini bisa berpengaruh sama berat badan kamu, lho. Kunci dari naiknya berat badan adalah jumlah kalori yang kamu konsumsi. Apakah seimbang dengan kegiatan lainnya? Sebenarnya berapa sih ‘bobot’ kalori jajanan kamu? Penasaran? Simak info berikut ini, yuk.

1. Martabak Manis

blog.airyrooms.com

Kamu semua pasti nggak asing deh sama jajanan malam yang belakangan ngetren karena variasi toppingnya. Makanan ini sudah lama banget jadi idaman masyarakat Indonesia. Biasanya hanya dijual pada malam hari saja. Kamu tahu nggak sih? Dalam sepotong kecil martabak manis aja, kamu sudah mengonsumsi 200 kalori, lho. Bayangkan kalau kamu makan 2-3 potong martabak manis? Kalori yang kamu konsumsi dari makanan yang dianggap ‘camilan’ ini bisa ngalahin makan nasi sepiring.

Cakapcakap.com saranin, kamu mendingan kurangin mengonsumsi martabak manis dengan makan camilan itu bareng-bareng sama teman kamu. Dan bisa juga kamu bilang sama abangnya untuk kurangi porsi susu kental manis.

2.  Gudeg

theboxsceneproject.org

Siapa sih yang nggak kenal sama makanan asal Yogyakarta ini? Makanan dengan potongan nangka dan krupuk kulit ini benar-benar jadi santapan yang sempurna di pagi bahkan malam hari. Ditambah lagi kalau dikasih telur dan suwiran ayam. Wuih, mantep rasanya!

Dibalik kelezatannya ini, gudeg menyimpan 800 kalori, lho. Dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan sepiring nasi. Ini dikarenakan pengolahannya yang panjang serta bumbu-bumbu seperti gula dan santan yang membuat kalorinya naik.

Buat kamu yang pengen makan gudeg, disarankan untuk minum segelas teh hangat tanpa gula sebagai teman makanmu. Ini dilakukan agar gula darahmu nggak langsung melonjak.

3. Mie Rebus

overallfit.co.uk

Siapa yang bisa nahan godaan dari sepiring mie kuning dengan kuah yang hangat. Apalagi kalau disantap saat hujan turun. Benar-benar nikmat yang tak bisa didustakan!

Saking enaknya, kadang kamu nggak sadar bahwa kamu sudah mengonsumsi 600 kalori dalam satu mangkuk mie saja. Sama seperti kamu menyantap tiga potong martabak manis, ya. Ini dikarenakan adanya campuran telur dan minyak goreng beserta kaldu ayam. Jadi, jangan pernah berpikir kalau mie memiliki kalori lebih ringan dibandingkan nasi, ya.

4. Ketoprak

overallfit.co.uk

Walaupun kelihatannya cuma berisi sayur, sambal kacang, lontong dan bihun. Kandungan kalori di ketoprak ini cukup besar, lho. Nggak tanggung-tanggung ada sekitar 600-700 kalori dalam sepiring ketoprak.

Ini karena dalam seporsi ketoprak ada beberapa macam karbohidrat di dalamnya, seperti: bihun dan lontong. Nah, kalau kamu pengen menyantap makanan ini, coba pilih salah satu dari sumber karbohidrat. Jangan diambil semuanya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Buat Kamu yang Punya Mata Sensitif. Yuk, Biasakan Hal Ini

Mau Bikin Orang Tua Pacar Terkesan? Bisa, Asalkan Kamu Lakukan 5 Hal Ini