in

Wajib Diperhatikan, 4 Benda Ini Bisa Rusak Silaturahmi!

CakapCakap – Tali silaturahmi bukanlah suatu hal yang mudah untuk dijaga. Sebab, selalu ada hal-hal sepele yang berpotensi untuk merusaknya. Aneka hubungan seperti persahabatan, kekeluargaan hingga cinta pun memerlukan silaturahmi. Jika tidak, maka bagaimana bisa kamu mempertahankan jenis-jenis hubungan tersebut Cakap People?

Nyatanya, terdapat pula 4 benda yang dapat merusak tali silaturahmi yang selama ini kamu jaga. Meskipun termasuk kategori benda yang sepele, namun terbukti bisa membuat rusak silaturahmi yang terbina. Kira-kira, apa saja 4 benda tersebut? Dapatkan daftarnya di ulasan berikut ini ya!

1. Pinjam barang pribadi

Meminjam mobil teman via Carusermagz.com

Apa kamu memiliki teman atau saudara yang doyan pinjam barang tanpa dikembalikan? Tampaknya inilah yang bisa memutuskan tali silaturahmi di antara kalian. Padahal jika kamu yang meminjam barang padanya selalu dikembalikan dengan kondisi yang semestinya, yakni jika pinjam dalam kondisi bersih dan mulus maka akan dikembalikan sedemikian rupa. Pasti kamu akan merasa tak adil jika ia tak berlaku sama padamu.

2. Utang

Pengutang jadi lebih galak saat ditagih via Moneysmart.id

Orang bilang jika ada 3 hal yang diinginkan di dunia ini, meliputi harta, tahta serta wanita. Sehingga tak heran jika tali silaturahmi bisa koyak lantaran adanya masalah utang-piutang. Namun lucunya ada beberapa kasus yang malah pengutang yang lebih galak dibanding yang memberikan pinjaman. Bahkan, sifatnya tersebut berbanding terbalik dengan saat ia mencari pinjaman. Manis di awal, tetapi bringas di ujung ya.

3. Korek api

Mengambil korek api teman via Youtube.com

Pasti kamu tak pernah menyangka bukan bagaimana bisa benda sepele dan berharga murah ini dapat merusak tali silaturahmi? Di kalangan perokok aktif, nyatanya benda ini sangat memegang peranan yang cukup penting. Namun, ada juga yang mengambil korek apik milik temannya secara diam-diam. Sehingga tak jarang jika banyak yang bertengkar lantaran korek api miliknya sering hilang dan diambil diam-diam oleh temannya sendiri.

4. Game

Main game duel via Clockworkreverie.blogspot.com

Kamu sosok yang suka bermain game? Ternyata game tak boleh kamu sepelekan lho! Pasalnya, ia dapat menyatukan banyak orang tetapi juga dapat membuat mayoritas orang sampai bertengkar. Pada sebuah permainan, kamu bisa dipertemukan dengan orang-orang yang baru. Sehingga relasi dan lingkup pertemanan bertambah. Tetapi, jika kamu semakin lama bertanding game dengan misalnya sahabat dan kamu kalah maka ia bisa melontarkan kalimat yang kesannya meledek dan mencaci. Alhasil kamu akan tersinggung bukan? Bahkan dendam bisa muncul karenanya. Jadi, jangan pernah menganggapnya sepele ya.

Walau tampaknya sepele, namun ternyata benda tersebut berdampak besar bukan Cakap People? Jadi, jangan pernah menganggapnya sepele ya! Silaturahmi merupakan sesuatu hal yang wajib dijaga dengan baik. Selain rajin berkomunikasi, tali silaturahmi juga dapat dibina melalui kejujuran dan sikap yang baik. Semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ternyata Ini Alasan Mengundang Idol K-Pop di Closing Ceremony Asian Games 2018

Wah, Atlet Peraih Medali Asian Games 2018 Langsung Jadi PNS!