in ,

Universitas Indonesia (UI) Dinobatkan Sebagai Kampus Terbaik di Indonesia 2019-2020

Rangking yang dibuat tahun ini mencakup 1.400 universitas di 92 negara, dengan Universitas Oxford menduduki peringkat teratas sebagai kampus terbaik di dunia.

CakapCakapCakap People! Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai kampus terbaik di Indonesia dan berada di peringkat ketujuh di Asia Tenggara dalam Peringkat Universitas Dunia tahunan (World University Rankings – WUR) 2020 yang dirilis oleh Times Higher Education (THE), penyedia media dan data yang mendukung keunggulan universitas di setiap benua di seluruh dunia.

View this post on Instagram

Universitas Indonesia Raih Peringkat 1 versi Times Higher Education. The Times Higher Education World University Rankings baru saja merilis "Peringkat Universitas Dunia 2019-2020" mencakup hampir 1.400 universitas di seluruh 92 negara. Terdapat 13 indikator yang menjadi tolak ukur menilai kinerja universitas meliputi: pengajaran, penelitian, kutipan internasional, sinergi dunia industri, dan pandangan internasional. Terima kasih dan diharapkan sinergi sivitas akademika dan warga UI untuk bekerja keras mencapai prestasi lebih baik. Hasil pemeringkatan THE secara lengkap dapat dilihat di tautan: https://www.timeshighereducation.com #universitasindonesia #THE #education #untukindonesia

A post shared by Universitas Indonesia (@univ_indonesia) on

Rangking yang dibuat tahun ini mencakup 1.400 universitas di 92 negara, dengan Universitas Oxford menduduki peringkat teratas sebagai kampus terbaik di dunia, sementara itu California Institute of Technology berada di posisi kedua dan University of Cambridge di peringkat ketiga.

Masih seperti dengan tahun-tahun sebelumnya, Universitas Indonesia berada di peringkat 601-800 di dunia.

Selain UI, deretan peringkat lima universitas lokal lainnya, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Namun, universitas lain diperingkatkan di kisaran 1000+ di dunia.

WUR adalah satu-satunya pemeringkat universitas yang diaudit secara independen oleh perusahaan jasa profesional PricewaterhouseCoopers (PWC)

Sistem pemeringkatan menggunakan 13 indikator yang menjadi tolok ukur menilai kinerja universitas yang dikelompokkan ke dalam lima bidang, yaitu pengajaran, penelitian, kutipan, pandangan internasional dan pendapatan industri.

Foto: tribunnews

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa universitas telah membaik, yang ditunjukkan oleh peringkat THE.

Sebagai universitas terbaik di Indonesia, Anis mengatakan UI saat ini fokus untuk menjadi lembaga think tank dan menyelesaikan persoalan di masyarakat.

“Dengan fokus pada tiga kelompok penelitian, yaitu kesehatan, humaniora sosial dan ilmu teknologi, UI berkomitmen untuk menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat,” kata Anis

Berikut adalah enam universitas teratas di Indonesia berdasarkan WUR:

1. Universitas Indonesia (UI)

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

4. Universitas Brawijaya

5. Universitas Gajah Mada (UGM)

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Berikut ini adalah 10 universitas teratas di Asia Tenggara berdasarkan WUR, sebagaimana dirangkum oleh Malay Mail.

1. Universitas Nasional Singapura

2. Universitas Teknologi Nanyang, Singapura

3. Universitas Malaya

4. Universiti Brunei Darussalam

5. Universitas Filipina

6. Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

7. Universitas Indonesia

8. Universiti Kebanggaan Malaysia

9. Universitas Mae Fah Luang

10. Universitas Mahidol

THE JAKARTA POST

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Simak! Ternyata Ini Sebab dan Cara Mengatasi Persneling Macet pada Mobil Manual

Seleksi CPNS Oktober 2019, Inilah Jenis Tes dan Cara Penilaian yang Perlu Kamu Perhatikan