in ,

Terkuak! Inilah 8 Hal Menarik Terkait Debat Perdana Pilpres 2019

CakapCakap – Debat pilpres pertama di tahun 2019 digelar pada Kamis (17/1/2019). Dalam debat tersebut pasangan capres cawapres nomor 1, Jokowi-Ma’ruf Amin dan capres cawapres nomor 2 yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai melakukan adu gagasan. Dalam penyelengaraan debat pilpres ini ada beberapa hal menarik yang perlu Cakap People tahu.

Apalagi buat kamu yang mungkin tak sempat melihat secara langsung lewat debat tersebut. Pastinya harus ketahui 8 fakta menarik yang ada pada debat pilpres perdana tersebut. Apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Moderator

Dua moderator debat capres cawapres 2019 putaran pertama via Poskotanews.com

Dalam debat yang dibawakan ini, Ira Koesno dan Imam Priyono ditunjuk menjadi moderator. Keduanya merupakan mantan presenter televisi. Sebagai moderator debat keduanya tentu harus bersikap netral.

2. Sejumlah stasiun TV siarkan langsung

Debat capres cawapres putaran pertama disiarkan langsung di stasiun tv via Klikbontang.com

Debat pilpres akan ditayangkan pada sejumlah stasiun televisi seperti TVRI, TVOne, Kompas TV, Trans7, RTV dan lain-lain. Dua segmen awal akan diisi dengan menjawab pertanyaan yang dibuat oleh panelis. Sedangkan segmen selanjutnya, adu pandangan akan dimulai.

3. Tema debat yang berbeda-beda

Debat pilpres perdana 2019 via Tribunnews.com

Tema debat yang diusung adalah seputar anti-korupsi, HAM, hukum juga terorisme. Sedangkan tema debat yang kedua mengenai infrastruktur, sumber daya alam, energi, pangan juga lingkungan hidup.

4. Pemberian kisi-kisi pertanyaan

Debat pertama capres cawapres 2019 via Suara.com

Kedua calon pasangan presiden dan calon wakilnya, diberi 20 kisi-kisi mengenai pertanyaan debat. Kisi-kisi yang diberikan terdiri dari 5 pertanyaan untuk masing-masing tema dari pertanyaan.

5. Tidak ada pertanyaan mengenai kasus

Banner debat pasangan capres cawapres di Hotel Bidakara Jakarta via Senayanpost.com

Pertanyaan tidak boleh mengandung pertanyaan spesifik mengenai kasus. Sebagai contoh adalah kasus penyiraman air keras yang terjadi pada Novel Baswedan.

6. Panelis debat

Ketua KPK, Agus Rahardjo via Fakta.news

Panelis debat dalam debat pilpres kali ini adalah ketua KPK Agus Rahardjo, ketua KOMNAS HAM Ahmad Taufan Damanik, eks Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Mnan, guru besar hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana dan Bivitri Susanti yakni pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara.

7. Nobar

Momen nobar di lapangan belakang hotel Bidakara via Okezone.com

KPU menyiapkan lokasi untuk nobar di area luar. Dengan demikian, pendukung tetap menyaksikan jalannya debat berlangsung.

8. Penonton harus memiliki undangan

Debat capres 2019 disiarkan langsung beberapa stasiun televisi via Katadata.co.id

Mereka yang memiliki undangan bisa masuk ke dalam lokasi dimana acara debat pilpres digelar. Masing-masing pasangan calon diberikan 100 undangan saja.

Nah itu tadi sederet hal menarik yang terkuak dari debat pilpres 2019 perdana semalam. Apa Cakap People juga turut menyaksikan jalannya debat tersebut? Tulis ya pendapatmu di kolom komentar.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Begini Heboh Cuitan Receh Warganet Gagal Fokus Komentari Ira Koesno pada Debat Pilpres 2019

Mau Awet Muda di Usia 49 Tahun Ala Ira Koesno? Ini 6 Tips Murah dan Mudahnya