in

Tanpa Disadari, Kebiasaan Berikut Bisa Bikin Mata Kamu Iritasi!

CakapCakap – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi cukup vital bagi makhluk hidup. Oleh karena itu, Cakap People harus menjaga kesehatan mata dengan baik. Seringkali orang akan ikut merias mata guna tampil lebih cantik dan menawan. Biasanya hal tersebut berlaku pada kaum hawa.

Apa kamu salah satunya? Agaknya kamu harus berhati-hati ladies dalam merias mata. Sebab jika tidak, mata malah bisa jadi iritasi. Tentu saja hal tersebut akan berdampak kurang baik bukan bagi kesehatan mata? Berikut beberapa kebiasaan yang tanpa kamu sadari bisa membuat mata jadi iritasi!

1. Bermain gadget semalaman

Jangan main gadget sampai larut malam via Nextren.grid.id

Baik layar gadget, komputer maupun laptop semuanya akan mengeluarkan radiasi yang dampaknya tidak baik bagi mata. Selain itu, kebiasaan tidak tidur juga bisa mengganggu produksi hormon melatonin dalam tubuh. Alhasil mata jadi sakit. Maka dari itu, kamu disarankan untuk berhenti menatap layar laptop maupun ponsel kurang lebih 1 jam sebelum pergi tidur.

2. Tidur tanpa bersihkan riasan mata

Pergi tidur dengan memakai make up via Hellosehat.com

Seringkali kaum hawa lengah saat malam hari. Umumnya mereka akan berperilaku cuek dan tak mengindahkan hal yang satu ini. Alhasil mereka cenderung tidur dengan riasan mata berupa eyeliner serta maskara yang masih menempel di indera penglihatan tersebut. Padahal partikel dari riasan mata berupa eyeliner dan maskara ini dapat masuk ke area mata jika dibiarkan selama semalam. Jika kamu bersedia membersihkannya maka akan menjadikan area mata dan wajah terhindar dari yang namanya iritasi. Bahkan kulit menjadi lebih berseri.

3. Penggunaan lensa kontak terlalu lama

Terlalu lama pakai lensa kontak via Health.detik.com

Siapa yang gemar menggunakan lensa kontak? Tentu saja hal tersebut tidak ada salahnya mengingat bisa menunjang penampilan. Namun yang kamu ingat jangan menggunakan lensa kontak hingga larut malam apalagi sampai dipakai saat tidur. Sebab kebiasaan buruk tersebut dapat menjadikan mata iritasi. Oleh karena itu lepas lensa kontak kemudian kenakan kacamata apabila harus bekerja hingga larut malam.

4. Terkena kipas angin semalam suntuk

Menyalakan kipas angin semalam suntuk via Grid.id

Terkadang suhu yang panas memang kerap membuat seseorang tak bisa tidur. Jika sudah demikian pasti senjata andalan berupa kipas angin akan segera dimainkan. Namun ternyata penggunaan kipas angin dalam kecepatan tinggi ini bisa membuat mata iritasi dan kering loh! Jadi nyalakan kipas angin di kecepatan rendah atau matikan di kala udara kamar sudah mulai dingin.

Selain menghindari beberapa kebiasaan di atas, Cakap People juga disarankan untuk mencukupi nutrisi penting seperti kandungan asam lemak omega-3. Misalnya seperti mengonsumsi kacang-kacangan hingga ikan. Nutrisi tersebut akan membantu tubuh dalam mengobati gejala mata kering. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Unik! Wanita Cantik Ini Malah Kecilkan Payudara dengan Olahraga

Ternyata Mulan Jameela Pernah Rutin Olahraga Demi Punya Bodi Ala ‘Gitar Spanyol’