in

Tanpa Berbohong, 4 Cara Menolak Permintaan Orang Lain Ini Dijamin Tak Bikin Kecewa

Jangan berikan alasan bertele-tele untuk memberikan penolakan

CakapCakap – Banyak orang yang mengaku kesulitan untuk menolak permintaan dari orang lain. Akhirnya, mereka harus melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin dilakukan. Apa Cakap People pernah atau mungkin kerap mengalaminya?

Jika hal ini pernah kamu alami, maka ketahuilah jika ada beberapa cara menolak permintaan orang lain ini yang patut kamu coba. Beberapa cara tersebut antara lain sebagai berikut.

Katakan maaf

Ucapkan maaf saat lakukan penolakan via eicee.org

Kamu bisa menolak permintaan orang lain dengan cara meminta maaf. Jika kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka orang lain juga akan menghargai keputusanmu tanpa harus merasa sakit hati. Penggunaan kata ini juga dilakukan untuk menghindari yang namanya konflik.

Beri dia alasan yang logis

Berikan alasan logis saat kamu lakukan penolakan atas permintaan orang lain via twitter.com

Hindari menolak permintaan teman atau orang lain dengan alasan yang berbelit serta berlebihan. Akan lebih baik jika kamu memberikannya alasan logis yang tentunya masuk akal. Katakan padanya kenapa kamu tak bisa membantunya secara logis dan tidak bertele-tele. Dengan demikian, orang tersebut akan tahu jika kamu memang tidak bisa membantunya.

Dengan menyelipkan candaan

Selipkan candaan saat berbicara via picswe.net

Kamu juga bisa menolak permintaan dengan menyelipkan candaan. Penolakan yang kita lakukan memang terkadang bisa membuat seseorang mengalami rasa kecewa. Namun jika kamu memberi selipan berupa bercandaan, maka bisa jadi jika hal tersebut akan mencairkan suasana. Humor juga bisa digunakan untuk meredakan rasa canggung hingga ampuh juga untuk mengalihkan topik pembicaraan. Nah bisa kamu coba nih.

Carikan ia solusi

Coba bantu dia mendapatkan solusi via tempo.co

Tidak hanya sekedar memberikan penolakan, namun kamu juga bisa memberikannya solusi. Sebagai contoh, kamu bisa menawarkan orang lain yang bisa menematinya untuk menggantikanmu ataupun jenis solusi yang lain sebagainya.

Kamu harus ingat jika tidak semua permintaan tolong dari orang lain bisa kamu tangani semuanya. Karena terkadang, kamu juga harus menyelesaikan beberapa tugas atau keperluanmu sendiri. Jika memang kamu tengah sibuk atau permintaan tolong yang dialamatkan padamu tidak bisa kamu lakukan, maka tidak ada salahnya untuk melakukan penolakan.

Jangan sampai kamu mengiyakan sesuatu yang hanya akan menambah bebanmu saja ya. Karena jika hal ini terjadi, maka Cakap People sendiri yang akan rugi. Tak ada salahnya sesekali kamu menolak permintaan orang tak terkecuali itu sahabat sendiri.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Google Luncurkan Aplikasi Live Transcribe untuk Bantu Penyandang Tunarungu

Penemuan Penting! Ternyata Ada Kandungan Garam di Bulan Planet Jupiter