in ,

Tak Ingin Bodi Sepeda Motor Cepat Kusam? Begini Cara Perawatannya!

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik dalam perawatan bodi sepeda motor. Via metrotvnews.com

CakapCakap – Perawatan sepeda motor menjadi salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi setiap pemiliknya, jika ingin kendaraan kesayangan tetap dalam kondisi terbaik setiap saat. Tapi, Cakap People perlu pula mengetahui bahwa perawatan sepeda motor bukan hanya soal bagian mesin saja, melainkan juga merawat bodi agar tetap kinclong dan tidak kusan. Perawatan bodi sepeda motor ini perlu dilakukan dengan baik, agar sepeda motor tidak berubah jadi kusam.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik dalam perawatan bodi sepeda motor. Via metrotvnews.com

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat bodi sepeda motor tetap tampak cerah, seperti dimuat dalam laman Liputan6.com. Mulailah dengan mencuci sepeda motor secara rutin, minimal seminggu dua kali. Sebaiknya pula pakailah sampo khusus sepeda motor, bukan deterjen. Kemudian, pastikan membersihkan sepeda motor secara detail, termasuk juga beberapa komponen metal yang sulit dijangkau. Jika ada bekas oli yang menempel, gosok dengan kain yang diberi bensin.

Jangan lupa segera mencuci sepeda motor setelah terkena hujan, karena air hujan mengandung zat garam bersifat korosif penyebab karatan. Selain itu, jangan pernah juga langsung mengelap sepeda motor setelah hujan, karena debu yang masih menempel bisa membuat bodi sepeda motor menjadi lecet. Lalu, poles sepeda motor dengan polish wax secara rutin. Hal terakhir yang harus dilakukan adalah selalu berupaya untuk mencari tempat parkir yang teduh, agar sepeda motor tidak terkena sinar matahari langsung yang bisa membuat cat pada bodi sepeda motor menjadi lebih cepat kusam.

Memoles bodi sepeda motor dengan polish wax harus dilakukan dengan cara yang besar. Via youtube.com

“Kalau kondisi sepeda motor kotor jangan langsung di lap, tapi siram dulu pakai air supaya pasir dan debu-debunya hilang. Kalau langsung di lap nanti gores,” ucap Iskandar, pemilik bengkel R3 painting sepeda motor di Jakarta Pusat menambahkan, seperti dimuat dalam laman Kompas.com. Selain itu, untuk memoles bodi sepeda motor dengan polish wax juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya, jika dilakukan secara asal-asalan, yang terjadi malah sebaliknya, warna bodi sepeda motor jadi kusam.

“Kalau gak bisa moles, malah bikin buram karena zat itu,” tambah Iskandar. Dia juga menyarankan agar menggunakan cara kompon untuk mengembalikan warna pada bodi sepeda motor yang sudah terlihat kusam, namun sebaiknya dikerjakan oleh orang profesional. Jangan lupa ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Deretan Villa Cantik di Danau Como, Tempat Bulan Madu Romantis Versi Para Artis!

Mau Modifikasi Mobil? Jangan Lupa Perhatikan Hal Penting Ini!