in ,

Susah Tidur Saat Hamil Muda, Ketahui 5 Penyebabnya Ini

Sulit tidur membuat bumil merasa resah dan khawatir berimbas pada janin

CakapCakap – Cakap People, kehamilan menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu terutama bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Terlebih ketika hamil, seorang ibu akan mengalami perubahan kebiasaan hingga perubahan bentuk tubuh yang cukup signifikan. Adapun satu hal yang cukup sering ditemui ibu hamil muda masalah susah tidur.

Permasalahan satu ini terkadang membuat para ibu juga merasa khawatir, lantaran sebelumnya mungkin tak pernah mengalaminya. Susah tidur sendiri saat kehamilan ini bisa terjadi karena beberapa hal. Nah berikut ini beberapa sebab yang menimbulkannya.

Intensitas buang air kecil yang bertambah

Ilustrasi ibu hamil muda via honestdocs.id

Salah satu penyebab kenapa ibu hamil muda susah tidur adalah sering buang air kecil. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormon progesteron yang menyebabkan otot dinding organ berkemih menjadi lebih lentur. Alhasil, frekuensi buang air kecil juga akan menjadi lebih meningkat.

Mual serta merasa ingin muntah

Penyebab lainnya adalah adalah rasa mual dan ingin muntah. Hampir semua ibu hamil merasakan yang satu ini di masa kehamilan muda. Rasa ingin muntah inilah yang membuat ibu mengalami kualitas tidur yang menurun karena rasa tidak nyaman.

Meningkatkan hormon di dalam tubuh

Ilustrasi ibu hamil via parentingclub.co.id

Kehamilan membuat ibu mengalami perubahan hormon di dalam tubuh. Adalah progesteron yang memiliki pengaruh besar dalam menentukan kualitas tidur dari ibu hamil. Meningkatnya hormon yang satu ini bisa membuat ibu merasa tiba-tiba cemas, khawatir hingga sering merasa haus serta sering pipis.

Perubahan fisik

Perubahan fisik juga menjadi salah satu alasan kenapa ibu hamil memiliki kualitas tidur yang kurang baik. Dengan bentuk perut yang semakin membesar serta lebih sensitif, hal ini membuat ibu merasa sulit tidur di malam hari. Perubahan fisik juga membuat ibu terkadang merasa cemas sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

Rasa sakit di punggung serta pinggang

Beberapa ibu hamil juga merasakan punggung serta pinggang yang terasa sakit saat hamil. Rasa sakit serta tak nyaman inilah yang membuat ibu hamil susah tidur saat waktu istirahat datang.

Cakap People yang saat ini tengah hamil muda, mungkin juga mengalami permasalahan susah tidur. Dengan begitu kini kamu tahu bahwa kehamilanmu juga memberikan pengaruh pada kualitas tidur. Jadi tak perlu terlalu khawatir ya, karena ini tak hanya terjadi padamu saja melainkan juga pada ibu hamil muda pada umumnya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Waralaba Film Star Wars Bakal Vakum Setelah Penayangan The Rise of Skywalker

Kampus ITB Akhirnya Dipimpin oleh Rektor Wanita Untuk Pertama Kalinya Setelah Hampir Seabad Didirikan