in ,

Stres dengan Rutinitas Itu Biasa, Hilangkan Dengan Hal-Hal Ini!

CakapCakap – Cakap people, pernah merasa lelah tapi bukan hanya lelah fisik? Rasanya rasa lelahmu tidak bisa hilang dengan beristirahat atau tidak melakukan apa-apa. Rasa lelah ‘dibumbui’ dengan rasa bosan, jenuh dengan apa yang menjadi rutinitasmu dan perasaan yang selalu dalam keadaan buruk. Terkadang kamu ingin marah-marah pada semua orang, menangis tanpa alasan dan semacamnya, merasa semua yang kamu lakukan sia-sia, bahkan merasa dirimu tidak berharga dan tak ada apa-apanya dibanding orang lain. Jika kamu mengalami beberapa hal tersebut, salah satu faktorny adalah, mungkin saja kamu sedang merasa tertekan dengan aktivitasmu.

Sebagian orang mengatakan hal-hal di atas juga merupakan gejala stres atau depresi. Namun, gejala depresi seringkali lebih parah seperti munculnya keinginan untuk mengakhiri hidup dan semacamnya. Tapi, meskipun kamu hanya merasakan gejala-gejala seperti yang dijelaskan sebelumnya, jangan disepelekan karena lama-kelamaan dapat membawamu ke dalam gejala yang lebih parah bahkan depresi. Di bawah ini cara-cara yang dapat kamu lakukan ketika mulai merasa jenuh dan tertekan dengan aktivitasmu:

Membuat ‘Surat’ untuk Dirimu Sendiri

Menulis diary. (via pixabay.com/picjumbo_com)
https://pixabay.com/en/female-diary-journal-write-865110/

Tulislah semua yang kamu rasakan dalam lembaran kertas. Jadikan surat tersebut sebagai surat untuk dirimu sendiri dengan tujuan agar kamu lebih memahami yang terjadi pada dirimu. Tulis semua kekhawatiranmu, perasaan burukmu, perilaku orang-orang di sekitar, bahkan mimpi-mimpi buruk yang belakangan ini selalu datang dalam tidurmu.

Setelah menuliskan semuanya, baca ‘surat’ tersebut secara perlahan. Pahami kalimat demi kalimatnya. Lama-kelamaan, kamu akan mengerti sesuatu yang sedang dihadapi oleh dirimu dan menemukan ‘benang merah’ dari apa-apa yang kamu pikirkan atau rasakan. Cara ini dapat membuatmu mencari jalan keluar atau penyelesaian dari rasa jenuh dan tertekan itu.

Beri ‘Hadiah’ untuk Dirimu

Santai sejenak itu tidak mengapa. (via pixabay.com/Jill1111)
https://pixabay.com/en/relaxing-lounging-saturday-cozy-1979674/

Sesekali hadiahi dirimu dengan sesuatu yang menyenangkan dan kamu senangi.  Jangan merasa membuang-buang uang, waktu ataupun tenaga untuk melakukannya. Contohnya seperti makan makanan favorit, membaca novel yang menarik, menonton film secara ‘maraton’, berjalan-jalan dengan teman atau sesederhana tidur dengan waktu yang lebih lama daripada biasanya.

Manfaatkan Waktu untuk Dirimu Sendiri

http://Tidur,%20me-time%20terbaik.%20(via%20pixabay.com/Free-Photos)

Setiap orang butuh waktu untuk dihabiskan dengan dirinya sendiri.  Beristirahat sementara dari aktivitas yang sibuk dan orang-orang di sekitar bukanlah hal yang buruk. Gunakan waktu sendirimu dengan melakukan hal-hal yang akan mengembalikan semangatmu.

Jangan Ragu Bercerita Kepada Orang Lain  

Bercerita kepada seseorang. (via pixabay.com/MebelAmber)
https://pixabay.com/en/people-man-woman-couple-sitting-3163556/

Ketika sudah merasa benar-benar tertekan dan segala cara di atas sudah di lakukan, mungkin kamu perlu seseorang untuk membantumu keluar dari masa-masa jenuhmu. Jangan takut untuk bercerita kepada orang-orang yang memang kamu percaya. Mulai dari ibu, misalnya? atau kakak, adik, ayah, nenek, atau sahabat dekatmu. Pilihlah mereka yang memang benar-benar dapat membuatmu merasa didengar . Mereka yang dapat memahami saat kamu hanya butuh didengar dan saat kamu butuh sebuah masukan dari mereka.

Intinya, rasa jenuh dan tertekan dalam menghadapi aktivitas sehari-hari adalah hal yang wajar, Cakap People. Kamu hanya butuh sebuah ‘pelarian sementara’ untuk menemukan cara menghadapinya. Ingat selalu untuk memerhatikan kesehatan mentalmu selain kesehatan fisikmu karena keduanya sama-sama berharga.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Simak! Ini Alasan Bisnis Kopi Kekinian Sangat Laris Manis

Siap-Siap! Pemerintah Bakal Uji Coba Biodiesel B30 Tahun 2019