in ,

Siap-Siap! VW Beetle Bakal ‘Terlahir’ dalam Wujud Mobil Listrik, Seperti Apa?

Model ini menggabungkan mobil klasik dengan mobilitas elektrifikasi di masa depan

CakapCakap – Cakap People para pecinta otomotif tentu sudah mengetahui keputusan Volkswagen untuk menghentikan produksi salah satu mobil legendaris ciptaan mereka, VW Beetle. Alhasil, kini tak akan ada lagi mobil yang juga akrab disebut VW Kodok di Indonesia tersebut hadir dalam model baru. Namun, kamu para penggemar tidak perlu khawatir, karena VW Beetle akan ‘terlahir’ kembali dalam wujud mobil listrik, seiring dengan semakin berkembangnya era kendaraan listrik dewasa ini.

Volkswagen mengembangkan model VW Beetle klasik menjadi mobil listrik berkolaborasi dengan Volkswagen Group Components dan eClassic. Via gridoto.com

Volkswagen dikabarkan saat ini memang sedang mengembangkan model VW Beetle klasik menjadi mobil listrik, seperti yang dilaporkan oleh laman Liputan6.com. Berkolaborasi dengan Volkswagen Group Components dan eClassic, VW Beetle klasik ini akan disematkan baterai, motor elektrik dan gearbox satu percepatan yang diadopsi dari model VW e-up. “VW Beetle elektrik ini menggabungkan mobil klasik kami yang menawan dengan mobilitas di masa depan. Kami juga menyediakan solusi bagi pemilik VW Beetle untuk mengonversikan mobil miliknya menggunakan part yang berkualitas,” ungkap Member of the Board of Management of Volkswagen Group Components, Thomas Schmall.

VW Beetle klasik model listrik ini sendiri akan memiliki baterai lithium-ion kapasitas 36,8 kWh yang didukung fitur fast charging, di mana dengan pengisian daya selama satu jam bisa menempuh jarak 149 kilometer. Sementara dengan pengisian daya hingga fully charged, mobil listrik ini pun dapat mencapai jarak tempuh sejauh 199 kilometer. Dengan bobot 1.279 kilogram, VW Beetle elektrik mampu berakselerasi antara 0-80 km/jam dalam delapan detik dan kecepatan puncak 149 km/jam.

Tenaga listrik dari VW Beetle versi listrik ini mampu meningkatkan performanya. Via hemmings.com

Tenaga listrik yang menghasilkan 81hp dan torsi 155 pound-feet pada VW Beetle versi listrik ini pun memang mampu meningkatkan performa sesungguhnya dari mesin 4 silinder berpendingin udara yang dimiliki oleh model standarnya, seperti dikutip dari laman Detik.com. Namun, konversi mobil listrik ini akan membuatnya mengalami kenaikan berat badan menjadi 1.280 kg. Peningkatan bobot itu berasal dari paket baterai yang dibawanya. Meski begitu, konversi powertrain ini telah memberikan keuntungan pada ruang bagasi di bagian belakang, sedangkan motor dirancang tersembunyi di balik pelat besi.

Mobil VW Beetle versi listrik ini dilaporkan akan menjalani debutnya pada pameran Frankfurt Auto Show 2019. Namun, para pengguna termasuk Cakap People yang berminat sepertinya masih perlu sabar sebelum layanan dan suku cadang disebarluaskan, karena saat ini baru tersedia di Jerman.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Alasan Mengapa Ratusan Ribu Orang Meninggalkan New York, AS

Luar Biasa! Tesla Kembangkan Baterai Mobil Listrik dengan Kemampuan Luar Biasa