in ,

Siap-Siap! Mobil Otonom Waymo Lakukan Eskpansi ke Pasar Global

Setelah hadir di area Phoenix, AS, kini Waymo ingin membawa layanannya ke Jepang dan Prancis

CakapCakap – Teknologi otomotif terus berkembang semakin pesat saat ini, terutama kini dengan lahirnya teknologi mobil tanpa supir atau mobil otonom. Cakap People para pecinta otomotif dan teknologi tentu juga sudah mengetahui gebrakan sejumlah perusahaan otomotif bekerja sama dengan perusahaan teknologi dalam mengembangkan teknologi mobil otonom. Salah satunya ada mobil otonom dari Waymo, anak usaha Alphabet yang merupakan induk perusahaan dari Apple.

Waymo melakukan ekspansi global dengan membawa layanan mobil otonom mereka ke Jepang dan Prancis melalui kerja sama dengan Nissan-Renault. Via theverge.com

Nah, kabar terbaru menunjukkan bahwa mobil otonom Waymo kini sudah siap untuk melakukan ekspansi ke pasar global. Waymo diketahui meluncurkan taksi otonom dan layanan pengantaran barang dengan menggunakan truk otonom, seperti yang dilaporkan oleh laman Detik.com. Setelah sebelumnya pernah dilakukan dengan partner lainnya, baru-baru ini Waymo juga menandatangani perjanjian kerja sama dengan Nissan dan Renault untuk memboyong layanan ke Jepang dan Prancis.

“Ini adalah kesempatan bagus bagi Waymo untuk membawa teknologi otonomnya ke tingkat global dengan partner yang inovatif,” ungkao CEO Waymo, John Krafcik. Namun, tak banyak informasi yang diungkap perusahaan ini dalam perjanjian tersebut, hanya dijelaskan bahwa ketiga perusahaan ini akan mengeksplorasi layanan mobil otonom untuk penumpang dan pengantaran barang di kedua negara itu. Kerja sama ini pun jadi yang pertama bagi Waymo bersama pabrikan mobil yang sudah mengembangkan teknologi mobil otonom, karena Nissan dan Renault juga melakukannya.

Sebelumnya, Waymo sudah menguji layanan mobil otonom ciptaannya di area Phoenix, AS selama dua tahun menggunakan minivan Chrysler Pacifica. Via businessinsider.com

Waymo sendiri sudah dikabarkan mulai menjajaki kerja sama dengan Renault-Nissan sejak bulan Februari 2019. Selain itu, juga ada penjajakan oleh Honda, tapi gagal karena Waymo tidak tertarik. Sebelumnya, Waymo sudah menguji minivan otonom ciptaannya di area Phoenix, Amerika Serikat selama dua tahun. Kendaraan yang dipakai adalah minivan Chrysler Pacifica. Waymo sendiri pun juga bekerja sama dengan Fiat-Chrysler dan Jaguar-Land Rover untuk membangun konsep mobil otonom.

Kabar menarik lainnya, Waymo juga sudah sempat menyediakan aplikasi ride hailing dengan mobil otonom melalui Google Play Store, seperti dilansir laporan lain di laman Detik.com. Awalnya aplikasi Waymo ini hanya tersedia melalui tautan privat yang dikirimkan melalui email ke calon pengguna. Kini, pengguna bisa langsung mendaftarkan nama mereka lewat aplikasi Android ini untuk bisa mencoba layanan taksi otonom Waymo. Wah, Cakap People pasti penasaran ingin mencoba juga!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Thailand Jadi Negara Pertama di Asia Keluarkan Bungkus Rokok Tanpa Merk dan Logo Berwarna

Tak Mau Ketinggalan! Toyota-Suzuki Kerja Sama Kembangkan Teknologi Mobil Otonom