in ,

Selain Enak, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Otak Semakin Tajam

Beberapa di antaranya adalah buah berries!

CakapCakapCakap People! Tak hanya enak, sejumlah makanan yang sehat juga bisa membantu kamu semakin mempertajam otak. Apa saja makanan yang dimaksud tersebut?

Makanan sehat yang kaya lemak, serat, protein, vitamin, dan antioksidan tidak hanya bagus untuk kebugaran fisik, tetapi juga kesehatan otak. Dilansir dari The Healthy, inilah beberapa makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk mengasah otak.

Buah Berries

 Selain Enak, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Otak Semakin Tajam
Ilustrasi

Stroberi, bluberi, dan beri hitam mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan, baik fisik maupun otak. Antioksidan yang paling banyak kandungannya dalam buah beri adalah flavonoid, khususnya antosianin yang dapat memengaruhi fungsi belajar dan ingatan pada orak.

Banyak penelitian yang telah membuktikan pengaruh buah beri dalam memperlambat penurunan fungsi kognitif. Padahal, ukuran porsi yang digunakan dalam penelitian tersebut hanyalah secangkir buah beri.

Cokelat Hitam

cokelat hitam
Ilustrasi

Menurut penelitian, cokelat hitam memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otak. Sebuah ulasan yang terbit di jurnal Nutrients pada 2018 menyebutkan bahwa mengonsumsi epikatekin, kandungan yang ada pada cokelat, sebanyak 50g/hari selama 28 hari atau lebih bisa meningkatkan kekuatan otak.

Meningkatnya kekuatan otak bisa berpengaruh pada hal lain seperti menumbuhkan fungsi kognitif, mengurangi risiko demensia, dan mengembangkan performa aktivitas ingatan.

Kacang Kenari

 Selain Enak, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Otak Semakin Tajam
Ilustrasi

Sebagian besar kacang-kacangan memang bermanfaat bagi kesehatan otak, tetapi kacang kenari adalah salah satu sumber asam alfa-linolenik (ALA) terbaik. ALA sendiri adalah asam lemak omega-3 nabati yang akan berubah menjadi omega-3 DHA dan EPA ketika berada di dalam tubuh.

Makanan otak yang satu ini juga diyakini bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa. Buktinya dibeberkan pada sebuah penelitian di tahun 2015 yang dipublikasi pada The Journal of Nutrition, Health, & Aging. Dalam jurnal ditemukan fakta bahwa orang dewasa berusia 29 hingga 59 tahun yang mengonsumsi kacang kenari mendapatkan skor uji kognitif lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Brokoli

 Selain Enak, 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Otak Semakin Tajam
Ilustrasi

Sayuran persilangan seperti brokoli mengandung senyawa sulforafan, sebuah substansi yang pernah muncul dalam pembahasan di Journal of Cerebrovascular Disease & Stroke. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2017 itu, diketahui bahwa brokoli dapat membantu melindungi otak.

Brokoli juga memiliki kandungan vitamin K yang juga penting bagi kesehatan fungsi otak. Faktanya, penelitian terdahulu yang mengawasi konsumsi diet pada pasien dengan penyakit Alzheimer stadium awal menemukan bahwa mereka mengonsumsi lebih sedikit vitamin K dibandingkan orang yang tidak menderita penyakit serupa.

Anggur Concord

Anggur Concord
Ilustrasi

Cakap People! Anggur Concord adalah salah satu jenis anggur yang terbilang langka karena hanya berbuah selama beberapa waktu setiap tahunnya. Meskipun begitu, kamu tetap bisa mendapatkan 100 persen manfaat dari olahan buahnya yang dijadikan jus.

Anggur ini bisa membantu orang-orang lanjut usia yang memiliki masalah otak. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry disebutkan bahwa orang tua dengan masalah penurunan fungsi kognitif karena faktor usia yang rajin meminum jus anggur Concord merasakan dampak positif pada fungsi ingatan dan mengalami peningkatan aliran darah menuju otak yang juga dikaitkan dengan ingatan.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Saat di Gym, Apa Saja?

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Saat di Gym, Apa Saja?

Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2024 di Laman SNPMB Hari Ini, Jam Berapa?

Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2024 di Laman SNPMB Hari Ini, Jam Berapa?