in ,

Pulau Tinabo di Selayar, Surga di Atol Terbesar Ketiga Sedunia

CakapCakap – Pernahkah Cakap People mendengar nama Taman Nasional Taka Bonerate? Taman Nasional ini adalah salah satu taman nasional yang membanggakan di Indonesia, dan terletak di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Bagi masyarakat setempat, Taman Nasional ini adalah salah satu aset alam yang sangat dibanggakan, dan dijaga kelestariannya. Selain hanya sebuah taman nasional bahari, ternyata di Taman Nasional Taka Bonerate juga ada sebuah keajaiban, yang keberadaannya diakui oleh dunia. Inilah Pulau Tinabo. Pulau apakah ini?

Pulau Tinabo Taka Bonerate di Kepulauan Selayar
https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/EbZDnSKgMUppT_pJLuA60FaSBuM=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1762785/original/079710700_1510045903-pulau_tinabo.jpg

Pulau Tinabo adalah sebuah pulau kecil berpasir putih yang masuk dalam gugusan Taman Nasional Taka Bonerate. Kalian tahu bahwa Taman Nasional Taka Bonerate adalah salah satu taman atol terbesar di dunia? Ya, ukuran Taman Nasional yang begitu besar ini membawa Taka Bonerate menjadi gugusan taman atol terbesar ketiga di dunia. Gugusan yang menduduki peringkat pertama dan kedua adalah Kwajelein di Republik Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives. Lalu apa istimewanya Taka Bonerate? Di Taman Nasional Taka Bonerate, kita Punya Pulau Tinabo yang menjadi salah satu surga bagi para Scuba Diver.

Pulau Tinabo sendiri menyimpan keindahan pesisir yang tidak ada duanya. Di bibir pulau yang hanya sepanjang 1,5 kilometer ini sendiri, ada babyshark yang sengaja dipelihara untuk menarik para pengunjung yang datang. Bahkan Pulau Tinabo ini juga sudah berhasil mendatangkan banyak wisatawan mancanegara, yang berkunjung ke Indonesia untuk berwisata. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke pulau kecil ini, ada dua alternatif jalan yang bisa dipilih. Pertama adalah menggunakan pesawat langsung dari Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, menuju Bandara Aroepala Selayar. Opsi keduanya adalah menggunakan jalur darat ke Tanjung Bira di Bulukumba, dan kemudian lanjut menggunakan kapal cepat menuju Kepulauan Selayar.

Pulau Tinabo di Kepulauan Selayar
https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/rxpRvEGg3Z6fnNSEhnmjlTN1I3Y=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2791960/original/099073100_1556565710-WhatsApp_Image_2019-04-30_at_01.43.08.jpeg

Untuk mencapai tempat yang terindah, pasti tidak dengan jalan yang mudah. Nah, setelah tiba di Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar, maka pengunjung harus melanjutkan perjalanan laut sekitar 4 hingga 6 jam ke Pulau Tinabo. Perjalanan laut dimulai dari Pelabuhan Pattumbukang, di pusat kota Benteng. Tidak perlu khawatir, karena pemandangan yang menakjubkan pasti akan menghapus segala rasa lelah kalian selama perjalanan. Apalagi setibanya di Pulau Tinabo, kalian akan disambut suasana yang tenang, dengan pemandangan hamparan laut yang segar. Siap berpetualang ke Pulau Tinabo?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wah! Stasiun TV Filipina Ini Nekat Tayangkan ‘Avengers: Endgame’ Hasil Rekaman Bioskop, Inilah Akibatnya

Ini loh Deretan Makanan & Minuman yang Muncul di Film-film Avengers!